Sebagai satu-satunya kantor berita Indonesia, Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional  (Perum LKBN) Antara diharapkan semakin profesional dengan berita-beritanya yang aktual sekaligus mencerahkan.

Harapan itu disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Wakapolda Kalsel) Brigjen Pol Aneka Pristafuddin yang mengucapkan selamat ulang tahun untuk LKBN Antara yang tepat pada hari ini, 13 Desember 2019 berusia 82 tahun.

"Saya atas nama pribadi dan juga institusi Polri di Polda Kalsel mengucapkan selamat kepada Antara yang hari ini menginjak usia 82 tahun. Semoga semakin profesional dan menjadi mitra sejati Polri," ucap Aneka di Banjarmasin, Jumat (13/12).

Dia pun berterima kasih kepada peran besar Antara dalam penyebarluasan informasi khususnya untuk Polda Kalsel dan jajaran selama ini.

Menurut Aneka, Antara sebagai kantor berita milik pemerintah Indonesia telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

"Semoga Antara semakin jaya dan menjadi media yang mencerahkan bagi masyarakat sekaligus penegak kontrol sosial untuk membela kepentingan publik," tutur jenderal bintang satu itu.

Lulusan Akpol 1987 inipun menitipkan pesan khusus kepada jurnalis Antara agar dapat tampil terdepan dalam setiap upaya menangkal hoaks ataupun berita cenderung provokatif agar masyarakat tidak mudah dipecah belah oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

"Jadi, berita dari Antara yang dapat dipercaya masyarakat untuk menjadi acuan di tengah arus informasi yang begitu deras di zaman media sosial dan online sekarang," tandas Perwira Tinggi yang sebelumnya menjabat Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri.

Perum LKBN Antara didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 di Jakarta. Selanjutnya di tahun 1962, Antara resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia.

Dalam perkembangannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengubah status LKBN Antara menjadi Perusahaan Umum (Perum) pada tanggal 18 Juli 2007.

Selain memiliki 34 Kantor Biro di seluruh Indonesia, LKBN Antara yang kini menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mempunyai kantor biro luar negeri seperti Kuala Lumpur, Tokyo, Beijing, London, Canberra dan New York. Kerja sama internasionalnya pun kian meluas, Antara mengadakan pertukaran berita secara bilateral dengan banyak negara.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019