Insentif guru honorer di Kota Banjarmasin pada tahun 2020 dinaikan bervariasi Rp100 ribu bagi guru honorer di SD/SMP dan Rp50 ribu bagi guru honorer TK/PAUD.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Hendro di Banjarmasin, Selasa menyebutkan pada tahun 2020 anggaran tambahan bagi insentif guru honorer Banjarmasin sebesar Rp1.750.000.000.

"Pemkot melalui Badan Keuangan Daerah (Bakuda) memberi tambahan Rp1.750.000.000, sudah kita tentukan pembagiannya untuk guru honorer SD/SMP dan TK/PAUD, berapa-berapa," ujarnya.

Menurut dia, untuk guru honorer tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapat tambahan insentif Rp100 ribu perbulannya, yakni, dari Rp900 ribu menjadi Rp1 juta.

Jumlah guru honorer SD dan SMP yang diberi insentif pemerintah kota sebanyak 1.143 orang.
Baca juga: Gaji guru honorer minimal setara UMR
Baca juga: Pemkot Banjarmasin naikkan gaji guru honorer

Sedangkan untuk guru honorer di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ditambahkan insentif Rp50 ribu perbulannya, yakni, dari Rp450 ribu menjadi Rp 500 ribu perbulannya.

Jumlah guru honorer yang mengajar di TK dan PAUD di kota ini sebanyak 1.140 orang.

Menurut Hendro, pemerintah kota terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru tenaga honorer khususnya tahun depan.

Memang, ungkap dia, untuk tenaga selain guru honorer di sektor pendidikan tidak mendapat kenaikan insentif tahun 2020 akan datang.

"Kalau tenaga honorer di administrasi pendidikan belum dapat kenaikan insentif tahun depan," pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina juga memastikan bahwa akan ada kenaikan insentif bagi tenaga guru honorer, di mana sudah disepakati dengan pihak dewan pada rapat anggaran tahun 2020.
Baca juga: Mendikbud pastikan tiga skema kebijakan untuk guru honorer
Baca juga: Guru THL di Sulut gajinya akan setara UMP

"Insya Allah naik gaji guru honorer pada tahun 2020," paparnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019