Guna meningkatkan mutu pelayanan profesional keperawatan, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Kalsel dan DPW PPNI Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Damanhuri Barabai, menggelar seminar nasional, Selasa (26/11) di Aula RSUD H Damanhuri.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional, Edy Rosadi mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 55 dan Hari Jadi Kabupaten HST ke 60. Pesertanya, yakni sejumlah perawat di rumah sakit, puskesmas, peserta umum dan pendidik.

Baca juga: Inilah profil dan program Direktur RSHD Barabai ikut bursa Balon Bupati HST

"Narasumber yakni Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya, Prof Dr H Nursalam dan Anggota Komisi IX DPR RI yakni Dr H Edy Wuryanto,” ucapnya.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Bupati HST, melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Pandiansyah, yang mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar.

Baca juga: Inilah dua pengedar narkoba yang ditangkap di Bawan Permai Barabai

Menurutnya, keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan terhadap keluarga dan masyarakat. Baik yang sakit maupun yang sehat, mencakup siklus-siklus kehidupan manusia.

"Setiap perawat, harus mampu menjamin proses dan hasil pembangunan terutama di bidang kesehatan yang berkualitas," pesannya.

Baca juga: Kambat Utara disiapkan menjadi desa agrowisata

Dia menambahkan, tantangan utama saat ini dan masa mendatang yakni meningkatnya daya saing dan keunggulan kompetitif di sektor perawatan.

Oleh karena itu, melalui seminar ini dia mengharapkan agar dapat mengoptimalkan peran dan fungsi perawat, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya dapat mengutamakan kualitas, efektifitas serta efisiensi.

"Tujuan akhirnya, mutu asuhan keperawatan akan semakin meningkat sehingga masyarakat dapat memperoleh derajat kesehatan yang optimal," harapnya.

Baca juga: Aplikasi sistem pelayanan desa terpadu, permudah pelayanan kepada masyarakat

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019