Direktur Rumah Sakit H Dhamanhuri (RSHD) Barabai, dr Muhammad Asnal akan meramaikan bursa bakal calon (balon) bupati pada Pilkada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) 2020 .

Niatnya maju pada pentas politik lima tahun sekali itu ditandai dengan penyerahan berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah melalui penjaringan Partai Gerindra di Kantor DPC Gerindra HST, Sabtu (9/11).

Dokter spesialis bedah itu menyampaikan, programnya ke depan untuk HST adalah bagaimana meningkatkan indeks pembangunan manusia.

"Kalau kita diamanahkan terpilih menjadi Bupati HST nanti, maka fokus pembangunan kita ke depan adalah di bidang kesehatan, pendidkan dan ekonomi," kata mantan Cawabup HST yang pernah berpasangan dengan Mansyah Saberi pada Pilkada HST Tahun 2010 itu.

Menurutnya, untuk saat ini belum ada komunikasi dengan para calon lainnya, karena untuk posisi wakil Bupati nantinya diserahkan kepada keputusan partai pengusung.

Ketua DPC Gerindra HST, H Rachmadi menilai, sosok dr Asnal ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat HST khususnya di bidang kesehatan dan olahraga.

"Kita juga sangat terkesan dengan visi-misinya yang ingin membangun HST lebih baik lagi, namun untuk rekomendasi partai siapa calon yang diusung nantinya tetap ada di pengurus pusat," kata ketua DPRD HST itu.

Ditambahkannya, dari enam bakal calon yang mengambil formulir di Partai Gerindra HST, baru dua yang menyerahkan berkas, yaitu Aulia Oktaviandi dan dr Asnal.
 
dr Muhammad Asnal saat menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah Kabupaten HST kepada Ketua DPC Gerindra HST (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)


Berikut profil dr Asnal yang ikut bursa bakal calon Bupati HST pada pentas Pilkada 2020 mendatang :

Nama lengkapnya adalah dr Muhammad Asnal, Sp.B., FinaCs yang lahir pada 19 Januari 1961. Pernah mengenyam pendidikan tingkat SD di Sekolah Kebangsaan Jitra Kedah Malaysia dan menamatkan SMP hingga SMA di Kabupaten Bone.

Mantan aktifis mahasiswa ini menyelesaikan Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2) di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sebagai Spesialis Bedah.

Sejak Tahun 2002, dr Asnal sudah menjadi dokter spesialis bedah di RSHD Barabai, hingga berpindah-pindah ke berbagai RS yang ada di Kalsel dan terakhir sejak Tahun 2017 dipercaya menjadi Direktur RSHD Barabai hingga sekarang.

Mempunyai enam orang anak dari perkawinannya dengan Monalisa Hutabarat, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten HST periode 2002-2006 yang juga sering mengisi khutbah jum'at ini aktif di berbagai organisasi olahraga.

Diantaranya, Dia pernah tercatat sebagai Ketua Harian Gabungan Sepak Bola Barabai (Gasib) dan sampai saat ini dipercaya menjabat Ketua Asosiasi Kabupaten PSSI Hulu Sungai Tengah (HST).

Video saat dr Asnal menyerahkan berkas pendaftaran ke Partai Gerindra HST :
 
 

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019