Mayor Inf Yoga Yastinanda yang sebelumnya menjabat sebagai Ps Pabandyalat Sopsdam VI/Mulawarman dipercaya memimpin Yonif 621/Manuntung menggantikan Letkol Inf M Ishak H Baharuddin pada pengambilan sumpah dan serah terima jabatan yang dipimpin langsung Danrem 101/Antasari, Kolonel M Syech Ismed di lapangan Yonif 621/Manuntung, Selasa (19/11).

Sedangkan Letkol Inf M Ishak H Baharuddin akan menjabat sebagai Dandim 1002/Barabai menggantikan  Letkol Inf Nur Rohman Zein.

Baca juga: Di HST, Pemerintahan Desa punya kewenangan mengurus pajak burung walet

Danrem menyampaikan, pergantian jabatan di lingkungan TNI AD merupakan hal yang biasa sebagai regenarasi guna menumbuhkan semangat kembali dalan pembinaan satuan.

Menurutnya, situasi saat ini dihadapkan dengan dinamika perkembangan strategis yang terus berkembang dan berubah dengan cepat, sehingga berpengaruh terhadap makin meningkatnya tantangan tugas.

Baca juga: Bupati HST: Jaga kekompakan jelang Pilkada 2020

"Untuk itu seorang Komandan Batalyon harus mempunyai kekuatan keunggulan dan pandangan jauh ke depan," katanya.

Selain itu, ditambahkannya, Komandan Batalyon harus berada di tengah-tengah prajuritnya dan mampu membimbing, mengarahkan serta mengajak para anggotanya untuk berbuat terbaik sehingga mampu meningkatkan disiplin, memelihara kemampuan tempur, dan dibarengi oleh fisik yang prima.

Baca juga: Hasyimi memilih berpasangan Subhan Saputera maju di Pilkada HST

Terpisah, Bupati HST H A Chairansyah saat berhadir mengucapkan selamat datang kepada Danyon yang baru dan berharap sinergitas serta kerjasama dengan pemerintah selalu terjalin dan berlanjut dengan baik.

"Kepada Bapak Ishak juga kami ucapkan selamat bertugas karena akan menempati jabatan baru sebagai Dandim 1002 Barabai," katanya.

Baca juga: Empat tahun berturut-turut, HST Borong Piala di ajang aruh sastra

Rangkaian Sertijab dilanjutkan dengan demonstrasi diantaranya Kolone senapan, seni tari yang terdiri dari tari papua, tari dayak, tari saman, tari jaipong, Tari Bali, tarung derajat, Double stik, Karate, Silat, Perkur dan Body contes. 

Selain melakukan serah terima jabatan, Danrem 101/Antasari menerima secara simbolis pemberian mobil Ambulance dari Bank BRI sebagai alat operasional.

Baca juga: Sekda : Siapapun calon yang maju Pilkada, pasti bertujuan memajukan masyarakatnya

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019