Seorang ASN yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan, H Muhammad Hasyimi yang sebelumnya pernah mendeklarasikan diri berpasangan dengan M Ainul Huda, ternyata lebih memilih mantan Anggota DPRD dua periode di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), H Subhan Saputera sebagai wakilnya untuk maju pada Pilkada 2020 mendatangan.

"Kita maju tetap memilih jalur independen dan kita telah sepakat, saya sebagai calon Bupatinya dan Pak Subhan sebagai calon wakil Bupatinya," kata Hasyimi saat dikonfirmasi Antara, Minggu (17/11).

Baca juga: Inilah visi dan profil pasangan Hasyimi-Huda maju di Pilkada HST

Sedangkan, M Ainul Huda yang sebelumnya menjadi pasangan Hasymi saat deklarasi pada Rabu (18/9), memilih ikut jalur penjaringan partai Gerindra. Pada Senin (4/11), Dia bersama timnya mengambil formulir dan sempat menyatakan telah mantap berpasangan dengan dokter H Abdul Halim.

Namun, sehari kemudian setelah pernyataannya, Huda malah menepis pernyataannya itu dan mengungkapkan bahwa belum ada deal apa-apa dengan dokter Halim dan hanya sekedar komunikasi biasa.

Baca juga: Huda mendaftar ke Gerindra HST dan nyatakan berpasangan dengan dr Halim

Hal ini menjadi tanda tanya publik terhadap keseriusan Huda maju pada Pilkada HST 2020 mendatang, main-main atau hanya sekedar mencari sensasi saja dan Ia pun enggan berkata banyak alasan pecah koalisi dengan Hasymi.

Begitu juga dengan Hasyimi, dia juga tidak berkomentar banyak tentang masalah pecah koalisi dengan Huda dan menyatakan, saat ini fokus dalam mengumpulkan KTP bersama Subhan Saputera sebagai syarat pencalonan di jalur independen.

Baca juga: Gugatan Majid Kandas Di PT TUN

H Subhan Saputera sendiri dikenal oleh masyarakat HST sebagai mantan anggota DPRD HST dua periode dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada Pilkada HST 2010, Subhan juga tercatat sebagai kontestan Calon Bupati HST yang berpasangan dengan Athaillah Hasbi atau yang akrab dipanggil Atak yang saat ini duduk di DPRD Provinsi Kalsel.

Baca juga: Rebut HST satu, Faqih positif berpasangan Yazid Dukcapil

Pada Pilkada HST 2015 yang lalu, Subhan Saputera juga diketahui menjadi tim sukses dari pasangan H Harun Nurasyid-Aulia Oktaviandi.

Namun, setelah Pilkada HST 2015 itu dimenangkan oleh pasangan H Abdul Latif-H A Chairansyah, Subhan lebih memilih aktif di sebuah LSM dan sering demo serta mengkritiki kebijakan pemerintah, termasuk mempermasahkan ijazah Bupati terpilih saat itu, H Abdul Latif.

Baca juga: Inilah profil dan program Direktur RSHD Barabai ikut bursa Balon Bupati HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019