Beberapa pengurus di internal Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kabupaten HST, Selasa siang (29/10), terlihat mendatangi rumah Ketua Umum DHC 45 Kabupaten HST, H Akhmad Tamzil.

Rombongan yang dimotori Ketua Harian DHC 45, H Hasbi itu menyampaikan dukungan kepada Sekretaris Daerah HST, H Akhmad Tamzil untuk maju sebagai calon Bupati untuk Pilkada HST 2020 mendatang.

Baca juga: Mengenal lebih dekat Tamzil serta pengalamannya di pemerintahan

Menurut Hasbi, sosok Tamzil sudah tidak asing lagi baik itu di kalangan birokrasi maupun dimasyarakat HST pada umumnya, beliau dikenal sosok pemimpin yang dicintai bawahannya, dekat dengan masyarakat serta memiliki segudang pengalaman dan prestasi baik di pemerintahan maupun dalam pembinaan terhadap masyarakat di Bumi Murakata.

"Dengan segudang pengalaman dan prestasi tersebut, kami berkeyakinan majunya Tamzil sebagai calon Bupati dengan harapan terpilih menjadi Bupati HST, di bawah kepemimpinan beliau ke depannya HST akan lebih maju dan lebih berjaya lagi," kata mantan Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten HST, yang saat ini sudah purna tugas itu.

Baca juga: Abu Yazid bakal maju menjadi calon kepala daerah HST jalur independen

Hasbi juga membeberkan, Tamzil diketahui mempunyai segudang pengalaman dan prestasi. Beliau pernah mengantarkan HST dari sisi pengendalian kependudukan dengan indeks TFR (Total Fertiliric) HST diangka 2,6 , artinya tingkat kelahiran rata-rata di HST perpasangan diusia subur hanya 2,6 di bawah nasional saat itu 3,2.

Selain itu, tambahnya lagi, Tamzil juga berhasil membantu pimpinan meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (Penghargaan bidang tertinggi bagi KB) Tahun 2003 dan Manggala Karya Kencana dari Presiden untuk ketua TP PKK HST.

Baca juga: Inilah visi dan profil pasangan Hasyimi-Huda maju di Pilkada HST

Berkat keuletan dan kesuksesannya dalam bekerja, Tamzil diberikan kesempatan menjabat sebagai Sekretaris Bappeda Kabupaten HST (2004-2006).

"Dengan semangat belajar dan terus belajar guna kemajuan banua dan pemerintahannya, dia pun sangat memahami dan lihai dengan sistem penyusunan anggaran perencanaan Pemkab HST," ujar Hasbi.

Baca juga: Delapan calon Daftar ke Golkar, termasuk H Asoy siap berpasangan H Zanie

Terlintas masih diingatan Hasbi, saat menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan, beliau juga berhasil mengantarkan pimpinan mendapatkan penghargaan Satya Lencana Bidang Pendidikan Tahun 2007.

Tuturnya lagi, Tamzil juga berhasil menghantarkan penghargaan tertinggi dari PGRI yaitu Maha Dwija Praja Nugraha.
Beliau juga pernah menjabat sebagai kepala Bawasada tahun 2008 yang bertugas melakukan revitalisasi pengawasan internal di lingkup Kabupaten HST dan menjabat sebagai kepala Bappeda dan mengantarkan mengawal siklus perencanaan pembangunan di HST.

Baca juga: Mendaftar ke PDIP, Berry nyatakan ikut calon Bupati HST

"Pada Tahun 2011, Tamzil juga tercatat menjadi asisten II bidang ekonomi pembangunan dan berhasil menuntaskan pembebasan jalan lingkar sepanjang 8,4 km bersama teman-temannya selama 9 bulan," kata Hasbi.

Lebih lanjut, Hasbi menceritakan prestasi gemilang dari pria yang pernah menjabat ketua umum karate Inkai ini adalah saat menjabat sebagai kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) bersama dengan pasukan kuning berhasil  menghantarkan satu-satunya Kabupaten Se-banua Anam mendapatkan anugerah adipura 3 tahun berturut turut, dan tiga kali baru diikuti kabupaten lain.

Baca juga: Faqih mengaku kecewa terhadap proses pemilihan Cawabup HST, ini alasannya

Dan selanjutnya, juga berhasil  meraih adipura kategori kota kecil, sehingga tercatat sampai beliau menjadi Sekda HST sudah 6 piala adipura yang diraih HST.

"Yang juga patut diacungin jempol adalah di bawah koordinasinya, Tamzil mampu mengembalikan pengelolaan anggaran pemerintahan meraih kembali predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sempat bernilai Wajar Dengan Pengecualian (WDP)," ujar Hasbi.

Baca juga: Berikut sembilan bakal calon kepala daerah yang mendaftar ke PKS HST

Diceritkannya lagi, berkat kerja keras dan tak kenal lelah dalam bekerja serta ikhlas dalam pengabdian membuat setiap Dinas maupun organisasi yang dipimpinnya selalu sukses dan maju, terutama yang berhubungan dengan masyarakat.

Sementara itu, terkait dukungan terhadap dirinya untuk maju sebagai calon Bupati HST, Tamzil mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan terhadap dirinya.

"Kalau saat ini saya memang masih fokus membantu pimpinan sebagai Sekda dalam menjalankan roda pemerintahan sampai habis masa pengabdian," kata Tamzil yang dikenal sangat dekat dengan habaib dan ulama itu.

Baca juga: Sekda Tamzil apresiasi uji publik SIDDAK
Baca juga: Sekda Tamzil buka rakor pemaparan data IDM
Baca juga: Berikut daftar 56 nama pejabat yang dilantik Bupati HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019