Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Pemaparan Data Indeks Desa Membangun (IDM) 2019 yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) HST, H Akhmad Tamzil di Aula Bappelitbangda HST, Rabu (30/10).

Bupati HST dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Tamzil sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan ekspose IDM ini, hal ini menurutnya sangat penting dalam rangka mematangkan dan kesempurnaan dari dokumen yang berguna, sebagai salah satu basis data dan informasi dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi pembangunan desa.

Ia mengharapkan, segala yang berkaitan dengan Indeks Membangun Desa, baik itu dalam hal data atau lainnya, bisa terinformasikan kepada seluruh SOPD yang pada hari ini berhadir dan tentunya sangat berguna sebagai instrumen terhadap proses perencanaan SOPD masing-masing dalam hal berkaitan dengan pembangunan desa.

Lebih lanjut kepada semua yang hadir, Tamzil  berharap untuk dapat mengambil banyak pelajaran dari kegiatan ekspose ini serta dapat lebih berperan aktif, karena dari ekspose ini dapat dijadikan gambaran terhadap IDM, memperoleh masukan dari semua yang hadir disini.

"Hal ini sebagai upaya kita bersama dalam untuk mengentaskan desa tertinggal dan meningkatkan desa mandiri di Kabupaten HST," ujarnya.

mengakhiri sambutannya, Tamzil mengatakan semoga ekpose pada hari ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga benar benar dapat dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan dan penanganan pembangunan desa di Kabupaten HST.

Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) HST, H Fahmi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pembangunan desa di masing-masing kecamatan.

"Dengan mengetahui tingkat perkembangan desa, nantinya kita bisa melihat potret desa apa-apa yang perlu kita bantu untuk meningkatkan atau menaikkan dari tingkat perkembangan desa sangat tertinggal menjadi tertinggal dan seterusnya yang pada akhirnya menjadi desa mandiri," katanya.

Pahmi juga melaporkan, Rekapituasi IDM Kabupaten HST Tahun 2019 dengan jumlah 11 Kecamatan dengan 161 Desa, katagori IDM untuk desa Mandiri belum ada, desa  maju 9 desa, desa berkembang 131 desa, desa tertinggal 17 desa dan desa sangat tertinggal 4 desa.

Dalam kegiatan itu juga diminta kepada semua camat untuk memaparkan data-data yang dimiliki nantinya, apa saja yang diperlukan untuk mendukung terhadap peningkatan perkembangan desa.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019