Wakil Bupati(Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menjadi narasumber dan memberikan motivasi dalam dialog kepemudaan yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kandangan dengan materi memaksimalkan peran pemuda dalam pembangunan di Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, agar para pemuda khususnya di Kabupaten HSS dapat terus meningkatkan semangat diri dan perannya dalam mendukung pembangunan di daerah, nasionalisme dapat ditanamkan dalam praktik kehidupan sehari-hari, pergaulan positif dan terus belajar untuk pengembangan diri.

"Jangan menutup diri dari pergaulan luar, banyak teman tentu banyak pula memperoleh pengetahuan dan pengalaman, jadilah pemuda teladan dan berusaha untuk berbuat terbaik agar menjadi manusia bermanfaat dan bisa mencapai cita-cita dengan usaha serta do'a," katanya, saat menyampaikan materi bertempat di Pendopo Wakil Bupati HSS, Kamis (31/10).
 

Dialog Kepemudaan HMI Cabang Kandangan (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HMI Kandangan silaturrahmi dengan Bupati HSS sampaikan program kerja

Dijelaskan dia, menyambut baik dialog kepemudaaan HMI Cabang Kandangan dan sepakat perlunya tindak lanjut hasil dialog tersebut, utamanya dalam bersama-sama mencari solusi terhadap beberapa persoalan menyangkut menyangkut kepemudaan, agar pemuda diusia produktif tidak menganggur.

Pihaknya nantinya akan mengkomunikasikan dan melibatkan SKPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, seperti Disnakerkop UKP ataupun Dinas Perdagangan HSS, sehingga masukan dan saran dari para pemuda tersebut dapat terfasilitasi.

Ketua HMI Cabang Kandangan Al Ikhwan Humaidi, mengatakan dialog kepemudaan tersebut mengambil tema “Implementasi Nilai dan Semangat Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tungggal Ika”, dilaksanakan selama satu hari dalam bentuk penyampaikan materi serta tanya jawab yang telah diikuti secara antusias para peserta dalam menanggapi paparan narasumber.

Tanya Jawab (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Ramadan peduli, KAHMI dan HMI Kandangan lakukan kegiatan sosial

Menurut dia, peserta dialog sebanyak 70 peserta baik dari kalangan pelajar dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat , mahasiswa dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di HSS, menghadirkan Wabup HSS sebagai narasumber serta Kabid Pemuda Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Fitri.

"Awalnya kami ingin mengadakan kegiatan pembinaan internal HMI saja, namun karena ada masukan dari para pengurus dengan juga memperhatikan asas manfaat kegiatan bagi kepemudaan HSS maka digelarkan dialog kepemudaan ini, dengan harapan bisa menyerap aspirasi, masukan dan saran sekaligus motivasi bagi para pemuda di daerah," katanya.

Penyerahan Cinderamata dari HMI Kandangan (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019