Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polsekta Kesatuan Pelaksana Pengawasan Pelabuhan Polresta Banjarmasin melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap arus mudik Lebaran 2013 melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kepala Polsekta KPPP Banjarmasin, Kompol Fachrul Sebastian di Banjarmasin, Jumat mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap para penumpang yang mudik.

Pemantuan itu dilakukan agar para penumpang kapal di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin aman, nyaman, dan terhindar dari aksi, kata dia. kriminalitas yang setiap saat bisa terjadi di pelabuhan tersebut.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaannya Polsekta KPPP dibantu Polresta Banjarmasin melakukan pengawasan terhadap tindak kriminal apabila terjadi.

"Saat-saat penumpang kapal ramai dinaiki penumpang untuk mudik, hal itu biasanya dijadikan kesempatan bagi para pelaku kriminal untuk beraksi melakukan tindak kejahatan," kata dia.

Fachrul mengatakan, para penumpang kapal atau yang lainnya apabila mengalami tindak kriminal atau kejahatan di wilayah pelabuhan maka diminta secepat mungkin melapor ke pihak Polsekta KPPP Banjarmasin.

Apabila laporannya cepat diterima maka polisi juga akan cepat melakukan tindak lanjut terhadap laporan tersebut guna mengungkap dan menangkap pelaku apabila masih berada di sekitar pelabuhan, kata dia.

"Kita meminta masyarakat atau penumpang kapal di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, untuk kerjasamanya menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, dan secepatnya melapor apabila terjadi tindak kriminal," katanya.

Ia mengatakan, Polsekta KPPP siap melayani masyarakat apabila memerlukan pelayanan. Setiap laporan masyarakat yang masuk akan langsung ditindaklanjuti di lapangan.

Kalangan penumpang kapal diimbau agar berhati-hati membawa barang bawaan dan jangan menggunakan perhiasaan saat mudik karena bisa mengundang kriminalitas, kata Fachrul.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013