Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalimantan Selatan (Kalsel) Haji Antung Mas Rozaniasyah mengharapkan, agar kemitraan lembaganya dengan pers semakin meningkat atau minimal tetap terjaga.

Harapan tersebut disampaikan melalui Kepala Bagian Tata Usaha, Kepegawaian, Humas dan Protokol Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Riduansyah di  Denpasar, Rabu saat mau kembali ke Banjarmasin sehabis studi komparasi dari Setwan Provinsi Bali.

Oleh sebab itu, dia juga berharap tidak ada kesan pemisahan antara wartawan, terutama anggota Press Room DPRD Kalsel dengan para wakil rakyat tingkat provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut guna lebih mengeratkan hubungan atau kerja sama.

Begitu juga hubungan baik selama ini antara wartawan anggota Press Room DPRD Kalsel dengan staf Setwan setempat agar tetap terjaga, dan jika memungkinkan meningkat lagi, lanjutnya saat makan malam di Hotel The One Legian Bali.

Baca juga: Pemerintah kaji kenaikan iuran BPJS ketenagakerjaan

"Sebagai contoh Setwan Bali merencanakan 'pers tour' tiga kali dalam setahun, dan mereka akan mencoba di tahun anggaran 2020. Kalau mereka bisa kita akan coba juga mengusulkan," demikian Riduansyah.

Sementara Kasub Bagian Tata Usaha, Kepegawaian, Humas dan Protokol Setwan Bali I Kadek Putra Suantara menerangkan, hubungan wartawan dengan wakil-wakil rakyat tingkat provinsi yang berjuluk Pulau Dewata itu cukup baik.

"Mereka yang tergabung dalam Forum Wartawan DPRD Bali bebas masuk ruang fraksi dan komisi untuk berkomunikasi dengan anggota dewan," ujarnya saat menerima rombongan Setwan Kalsel bersama wartawan yang melakukan studi komparasi.

"Kalau selama ini kami hanya melaksanakan pers tuor atau perjalanan jurnalistik hanya dua kali dalam setahun bagi anggota Forum Wartawan DPRD Bali, pada 2020 kami usulkan menjadi tiga kali," lanjutnya.

Baca juga: One Day Trail Terjal bakal meriahkan Hari Jadi Kabupaten HSS

Menurut dia, perjalanan jurnalistik tersebut salah satu upaya menjaga dan meningkatkan hubungan atau kerja sama antara wartawan dengan DPRD Bali, baik secara kelembagaan maupun perorangan.

Selain itu, sebagai salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) anggota Forum Wartawan DPRD Bali. "Karena dengan melalui perjalanan jurnalistik tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung akan menambah wawasan," demikian I Kadek Putra.

Kunjungan kerja Setwan Kalsel bersama wartawan/anggota Press Roomnya untuk studi komparasi ke Setwan Bali, dan sekaligus penyegaran serta mendalami objek-objek wisata di Pulau Dewata tersebut, 14 - 16 Oktober 2019.

Baca juga: Dewan setujui Raperda APBD 2020 dibahas
Baca juga: Bank Kalsel cabang DKI memungkinkan bertahan

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019