Komisi I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) bermaksud mau mengecek program tahun 2020 Badan Penghubung Pemerintah Provinsi (BP Pemprov) setempat yang ada di Ibu Kota Negara - Jakarta.

Sekretaris Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel H Suripno Sumas SH MH mengemukakan rencana komisinya tersebut di Banjarmasin, sebelum bertolak ke Jakarta, Senin sore.

"Ya, dalam kegiatan perdana Komisi I DPRD Kalsel periode 2019 - 2024 kunjungan kerja (kunker) ke DKI Jakarta, 7 - 9 Oktober 2019 untuk mengecek program 2020 dari BP Pemprov Kalsel di Ibu Kota Negara itu," ujarnya.

"Kami ingin melihat program yang BP Pemprov Kalsel di DKI usulkan tahun 2020, sehingga dapat menjadi bahan dalam rapat internal untuk memperjuangkan apa yang menadi usulan badan tersebut,” tegasnya. 

Pensiunan pegawai negeri sipil yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menerangkan, dalam kunker ke DKI tersebut tidak mengikutkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mitra kerja Komisi I DPRD Kalsel.

"Pasalnya BP Pemprov tersebut juga mitra kerja Komisi I DPRD Kalsel yang kini diketuai Dra Hj Rachmah Norlias dari Partai Amanat Nasional (PAN)," lanjut alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin itu.

Kunker ke luar daerah itu, empat komisi di DPRD Kalsel tersebut secara bersamaan dengan sasaran dan tujuan berbeda atau sesuai pembidangan masing-masing komisi.

Seperti Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan, II Bidang Ekonomi dan Keuangan, III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur, serta Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Mengenai Tata Tertib (Tatib) DPRD Kalsel yang menganjurkan agar keberangkatan ke luar daerah tidak bersamaan, wakil rakyat yang memasuki periode kedua lembaga legislatif tersebut menyatakan, rencana kunker itu sudah terjadwalkan.

"Mungkin ke depan tidak lagi keberangkatan anggota DPRD Kalsel ke luar daerah secara bersamaan, terkecuali kalau terpaksa atau mengharuskan mesti bersama-sama," demikian Suripno.
 

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019