Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Cabang Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2019 ini menggelar turnamen bola voli se Banua Enam plus Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, serta mitra kerja Adaro.

Turnamen yang bersifat terbuka/open ini, dibuka secara resmi Selasa (24/9) 2019, oleh Staf Ahli Pemkab Balangan, Rudiansyah Sofyan mewakili Bupati Balangan Ansharuddin. Bertempat di lapangan voli Wahana Olahraga Tepian, Kecamatan Paringin.

Bukan cuma melibatkan club-club lokal perwakilan setiap kecamatan, turnamen yang disambut antusias dari masyarakat ini  juga diikuti oleh club voli se Banua Enam, Barito Timur Kalteng dan mitra kerja Adaro.

Ketua panitia, Aries Hariyadi, Jumat di Paringin, ibukota Kabupaten Balangan mengungkapkan, turnamen ini akan berlangsung selama hampir tiga pekan, dari 24 September sampai dengan 15 Oktober 2019.

"Total ada 53 club bola voli yang meramaikan turnamen ini," ungkapnya kepada media saat ditemui di lapangan.

Sementara itu, Djoko Soesilo, CRM Department Head PT Adaro Indonesia mengungkapkan, dukungan penuh dalam gelaran kali ini sebagai bukti kepedulian pihaknya atas kemajuan dunia olahraga di banua. Total dana yang digelontorkan untuk menyukseskan turnamen bola voli Adaro Cup ini, tak kurang dari Rp120 juta.

"Kami sangat berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga di Balangan. Mudah-mudahan, dari kegiatan ini muncul atlet-atlet nasional dari Balangan,” ungkapnya.

Staf Ahli Pemkab Balangan, Rudiansyah Sofyan dalam membacakan sambutan Bupati Balangan mengucapkan terima kasih kepada Adaro yang sudah menjadi sponsor utama gelaran ini.

“Pemerintah tidak bisa jalan sendiri dalam memajukan olahraga, perlu bergandengan dengan semua pihak, termasuk pihak swasta dan dukungan masyarakat,” tandasnya.

Melalui turnamen bola voli ini kita mencoba untuk membagikan energi positif kepada masyarakat, pungkasnya.

Untuk diketahui, selain mendapat hiburan berupa pertandingan voli, masyarakat yang datang juga bisa berwisata kuliner dan belanja kaos olahraga. Karena, ada bazar UMKM di sekitar lapangan pertandingan.

Panitia bahkan menggelar pula lomba foto bagi pencinta fotografi, yang dilombakan tentunya foto seputar turnamen.

Hal tersebut dimaksudkan agar multifel effect dari gelaran turnamen ini akan sangat terasa. Olahraga khususnya bola voli daerah semakin maju, masyarakat terhibur dan perekonomian pelaku UMKM meningkat.

Pembukaan turnamen ini juga dihadiri Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni yang juga merupakan Ketua Cabor PBVSI Kabupaten Balangan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019