Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hanya mendapat empat pendaftar calon kepala daerah untuk diusung pada Pilkada 2020.

PDIP Kota Banjarmasin membuka penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk periode 2021-2026 sejak 3 hingga 20 September 2019.

"Dari enam yang mengambil formulir pendaftaran, hanya empat yang mengembalikan," ujar Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDIP Kota Banjarmasin, Suyato di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, empat orang yang mengembalikan formulir pendaftaran tersebut, tiga dari kader partainya, hanya satu dari luar partai.
 

Adapun tiga dari kader PDIP sendiri tersebut adalah H Hermansyah yang merupakan Wakil Wali Kota Banjarmasin saat ini, kemudian H Muhaimin yang merupakan Ketua DPC PDIP Kota Banjarmasin.

Baca juga: Harun Nurasid pendaftar pertama Balon Bupati HST di Partai Golkar

"Satunya lagi adalah kader muda PDIP yang merupakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalsel Fazlur Rahman," ungkap Awi panggilan akrab Suyato tersebut.

Sementara, lanjut anggota DPRD Kota Banjarmasin ini, untuk figur luar adalah Mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2014-2019 Hj Ananda, sekalian juga Ketua DPD Partai Golkar Kota Banjarmasin.

"Semua yang mengembalikan formulir pendaftaran ini posisinya sebagai calon wali kota dan wakil wali kota," ujarnya.
 

Menurut Awi, keempat nama ini sudah diserahkan pihaknya ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Kalsel.

"Setelah diproses di DPD itu, akan dikirim nantinya ke DPP PDIP, karena keputusan finalnya di sana, tokoh yang kita dukung dan usung di Pilkada 2020," terangnya.

Dia mengatakan, partainya memiliki lima kursi di DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 dan berharap kembali bisa menempatkan kader di kursi pimpinan daerah, seperti saat ini.

"Tentunya berharap pada Pilkada 2020 ini berada diposisi wali kota," pungkasnya.
Baca juga: Golkar Banjarbaru usung calon terbaik di pilkada
Baca juga: Mahasiswa PMII Barabai ingin gabung relawan, ini pesan Haji Zanie
Baca juga: Mahasiswa PMII Barabai ingin gabung relawan, ini pesan Haji Zanie

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019