Kabut asap sebagai dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali menyelimuti Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pantauan di Banjarmasin, Minggu, kabut asap menyelimuti kota berjuluk seribu sungai itu sejak dini hari hingga pukul 10.00 WITA masih terlihat.

Akibat kabut asap tersebut jarak pandang maksimal satu kilometer, bahkan ada yang hanya sekitar 500 meter atau setengah kilometer pada kawasan tertentu.
Baca juga: Kota Banjarmasin diliputi kabut asap

Sebagai contoh hingga pukul 08.30 WITA sekitar Jalan A Yani km4,5 - km6 Banjarmasin jarak pandang hanya lebih kurang setengah kilometer, dan ke arah dalam kota seribu sungai tersebut jarak pandang satu kilometer.

Karena jarak pandang yang terbatas atau tidak bisa leluasa, para pengemudi mobilpun tidak dapat memacu kecepatan perjalanan guna menghindari kecelakaan lalu lintas (lakalantas).
Baca juga: Kabut asap berkurang serang Kota Banjarmasin

Warga masyarakat memperkirakan, kabut asap yang kembali menyelimuti kota seribu sungai Banjarmasin karena karhutla lagi terjadi pada beberapa kawasan di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut, karena kemarin (Sabtu), cauca cerah dan panas terik matahari hampir satu hari penuh, udara baru terasa dingin kecuali sesekali hembusan angin.
Baca juga: Kabut asap selimuti "kota seribu sungai" Banjarmasin

Kabut asap tipis bukan saja menyelimuti kota seribu sungai, tetapi juga sampai wilayah Kota Banjarbaru yang menjadi pusat perkantoran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel, seperti terlihat sekitar Bandara Sjamsudin Noor Banjarmasin.
Baca juga: Seluruh wilayah Kalsel diselimuti asap

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019