Kabut asap mulai menyelimuti sebahagian wilayah Banjarmasin yang berjuluk kota seribu sungai, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Selasa melaporkan, kabut asap yang menyelimuti beberapa kawasan kota seribu sungai tersebut masih tipis, sehingga belum mengganggu jarak pandang.

Kabut asap tipis itu terlihat pada sore hari atau sesudah shalat Asar, antara lain di daerah pinggiran kota, seperti Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan (Bansel) dan kawasan sekitarnya.

Baca juga: Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor tertunda akibat asap

Walau kabut asapnya masih tipis, tetapi menimbulkan bau kurang enak atau terasa dengan, sehingga cukup mengganggu kesehatan, terutama pernapasan anak-anak di bawah usia lima tahun (balita)

Sebagaimana terjadi terdahap anak dari Dewi yang baru berusia sekitar satu setengah tahun timbul batuk-batuk kecil karena terhirup udara yang tercemar kabut asap, kendati yang bersangkutan berada dalam rumah.

Baca juga: BPBD sebut kabut asap di Kapuas Hulu kiriman luar kabupaten

Oleh karena itu, keluarga Dewi tersebut sejak sore hari sudah menutup pintu dan jendela rumah guna menghindari atau mengurangi serangan kabut asap yang tidak waktu dan tempat tersebut.

Sementara orang-orang dewasa yang beraktivitas di luar rumah terpaksa harus menggunakan pengaman berupa masker guna mengurangi terhirup udara yang tercemar kabut asap.

"Aktivitas di luar rumah itupun kecuali karena urusan penting, jika tidak urusan penting lebih baik memilih tinggal di rumah atau tak bepergian," ujar Steven.

Baca juga: Udara Sampit masuk level berbahaya

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019