Lahan perkebunan PT Inhutani II di Desa Semaras Kecamatan Pulau Laut Barat Kabupaten Kotabaru terbakar, Senin.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotabaru Syafarudin Syukur mengatakan lahan yang terbakar merupakan perkebunan karet dengan luas 25 hektare.

“Kebakaran lahan dilaporkan terjadi mulai pukul 09.00 WITA,” ujarnya.
Baca juga: Seluas 30 hektare lahan perkebunan di Balangan terbakar

Upaya pemadaman dilakukan pihak perusahaan bersama Tim Satgas Karhutla, namun api membesar dengan cepat karena banyak ilalang kering.

Kemudian koordinasi dilakukan dengan Posko Karhutla di kantor BPBD Kotabaru dan unit pemadam dari beberapa perusahaan lain yang terdekat.

Luasnya lahan yang terbakar dan jauhnya sumber air membuat BPBD Kotabaru sempat meminta BPBD Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan heli waterbombing.

Namun, kebakaran lahan akhirnya dapat dilokalisir dengan cara penyekatan untuk mencegah perambatan api semakin luas.
Baca juga: 89 Hektar Lahan Perkebunan Terbakar
“Untuk menuju Kotabaru heli itu pasti perlu waktu, jadi inisiatif kawan-kawan di lapangan dibuat sekat agar api tidak bertambah luas, alhamdulillah sangat efektif,” kata Syafarudin.

Setelah berhasil diblokade, pemadaman dilakukan dengan peralatan yang ada hingga api dapat sepenuhnya dikuasai pada pukul 18.00 WITA.

Berdasarkan data BPBD Kotabaru, kebakaran lahan di areal PT Inhutani II ini merupakan kejadian terbesar dalam dua bulan terahir. Penyebabnya diduga unsur kelalaian dan masih dalam penyelidikan.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019