Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Kalimantan Selatan H Gusti Iskandar Sukma Alamsyah menyatakan, ia menyiapkan 18 atlet panahan untuk dikirim ke Pra Pekan Olahraga Nasional (pra-PON) 2019 pada 22--28 September di Jakarta.

Menurut dia, saat menutup Kejurprov cabang olahraga panahan piala Paman Birin Cup 2019 di lapangan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Selasa, seleksi atlet panahan untuk pra-PON dilakukan secara ketat.

Ia mengatakan,  lewat ajang Kejurprov tersebut, sudah dapat dinilai sejumlah atlet yang berpotensi untuk dikirim ke tingkat nasional baik tingkat putra maupun putri pada semua nomor.

"Apalagi banyak atlet muda kita yang berpotensial itu, kita kirim atlet yang tidak malu-maluin lah nanti ke ajang nasional itu," katanya.

Gusti Iskandar mengatakan, hasil Kejurprov ini akan dievaluasi lagi, di mana atlet yang sudah memiliki nilai mendekati standar nasional akan dimasukkan dalam training center guna terus digali bakatnya.

"Saya beberapa hari mengontrol secara langsung Kejurprov ini, saya nilai sudah mengalami kemajuan pesat para atlet kita," tuturnya.

Menurut Gusti Iskandar, ia tidak memasang target tinggi pada ajang pra-PON nanti, karena yang terpenting bisa bersaing secara nasional.

"Kita ingin mereka bertanding dengan semangat tinggi, di mana prestasi tinggi akan pula mengikutinya," ucap Gusti Iskandar.

Untuk gelar Kejurprov panahan 2019 memperebutkan piala bergilir Paman Birin Cup 2019 atau piala Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Kontinge atlet kabupaten Tanah Bumbu berhasil meraih juara umum setelah meraih 21 medali, yakni, tujuh medali emas, enam medali perak dan delapan medali perunggu pada Kejurprov yang digelar Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kalsel di Lapangan Lambung Mangkurat Banjarmasin dari 31 Agustus hingga 3 September 2019.

Baca juga: Pemkab HSS dukung perkembangan olahraga panahan
Baca juga: Panahan Kotabaru Sumbang Tiga Medali Porprov X
Baca juga: BAC Balangan Harumkan Nama Bumi Sanggam
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019