Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pertanian menyerahkan 85.600 ekor itik petelur kepada 1710 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang ada di tiga kecamatan.

Tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Bakarangan 278 RTM, Candi Laras Utara 976 RTM dan Candi Laras Selatan sebanyak 456 RTM.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Wagimin mengatakan penyerahan itik petelur tersebut adalah program "Cegah Kemiskinan, Sejahterakan Masyarakat" dari Kementerian Pertanian.

"Dari 85.600 ekor itik petelur, setiap RTM akan menerima 50 ekor," ujar Wagimin di Rantau, Senin (2/9).

Baca juga: Tapin Bangun tiga gedung perkantoran

Selain menerima itik, penerima bantuan program Kementan tersebut menerima pakan 150 kilogram, vitamin dan obat-obatan, dan uang untuk pembuatan kandang sebesar Rp500 ribu.

Baca juga: Bupati Tapin: Silahkan gunakan dana desa beli alat pemadam kebakaran

"Data RTM yang menerima bantuan ini kami ambil dari Kementerian Sosial, namun sebelumnya sudah kami data ulang atau verifikasi ulang ke lapangan," ujarnya.

Dijelaskan Wagimin, program Kementan ini bertujuan untuk meningkatkan penyediaan protein hewani dan pendapatan rumah tangga agar menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

"Kami yakin pengurangan angka kemiskinan dengan basis pertanian sangat ideal diterapkan di Kabupaten Tapin ini," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan berharap bagi masyarakat yang menerima bantuan ini bisa benar-benar memanfaatkannya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kementan, semoga bantuan ini bisa benar-benar mengurangi angka kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat," ujarnya.
Baca juga: Korban tenggelam di Sungai Margasari ditemukan mengapung



 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019