Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Selatan, Fathurahman secara resmi membuka event nasional festival seni budaya dan wisata "Parisj Van Borneo" yang ditandai dengan pemukulan gong di Lapangan Dwi Warna Barabai, Kamis (29/8).

Ketua TP PKK HST, Hj Ernawati Chairansyah juga berkesempatan memotong pita tanda dibukanya pameran wisata dan kuliner tradisional khas daerah yang saat itu bisa dicicipi secara gratis oleh masyarakat yang berhadir.

Bupati HST, H A Chairansyah mengatakan, event tersebut merupakan salah satu langkah Pemerintah dalam mempromosikan wisata dan seni budaya yang ada di Bumi Murakata.

Baca juga: Athaillah Hasbi kembali nahkodai Pemuda Pancasila HST

Bupati HST bersama Ketua TP PKK saat mengunjungi stand pameran (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Menurutnya, selain sebagai hiburan rakyat, juga merupakan sarana mendorong masyarakat melalui peningkatan pembangunan di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.

Terpisah, Kepala Disporabudpar HST, Wahyudi Rahmad menerangkan, berbagai pertunjukan seni dan budaya juga akan ditampilkan pada event Parisj Van Borneo Festival yang diantaranya saat pembukaan tadi adalah kesenian Madihin, tari-tarian dan ritual Batandik warga dayak meratus Patikalain.

Baca juga: Desa di HST ini dicanangkan menjadi kampung bebas karhutla

Berikutnya, pada hari Jum'at (30/8)   mulai pukul 14.00 wita juga akan digelar etnik karnaval, penampilan pencak silat dari Kompak BorneoBorneo, tari-tarian dan band.

Pada malam harinya juga ada pertunjukan gamelan Barikin, tari-tarian, video pariwisata, madihin dari Jhon tralala next generation, mahalabiu, colossal dance, musik kolaborasi etnik dan wayang banjar.

Selanjutnya, pada hari Sabtu (31/8) mulai pukul 15.00 wita juga diadakan festival kuliner, demo masak Mama Lita (Master chef session 5), Bajinggung dan pengumuman pemenang.
 

Pembukaan Parisj Van Borneo Festival di Kota Barabai (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Bupati HST galakkan kembali magrib mengaji
Baca juga: Mengenal lebih dekat Tamzil serta pengalamannya di pemerintahan
Baca juga: 298 PNS di HST naik pangkat

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019