Wakil Bupati (Wabup) Tapin H Syafrudin Noor memantau kebeberapa lokasi posko pantau siaga kebakaran lahan dan hutan untuk memastikan kesiapan personil cepat tanggap darurat di daerah rawan kebakaran lahan dan hutan,
.
Didampingi Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Tapin, H Nordin, Wabup mengatakan, terdapat sembilan titik posko siaga karhutla yang selalu bersiaga 24 jam di Tapin.

Menurut dia, posko karhutla berperan penting membantu apabila terjadi musibah kebakaran hutan dan lahan.

Beberapa posko yang dikunjungi oleh Wabup yakni posko 01 yang berada di desa masta, posko 02 yang berada di desa papagan makmur dan posko 07 yang berada di desa sungai rutas.

"Kita melibatkan semua pihak yakni dari BPBD Tapin, Polri, TNI, relawan BPK, dan masyarakat sadar karhutla," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Tapin menegaskan kepada seluruh masyarakat Tapin agar dapat bersama-sama berperan aktif dalam mengantisipasi karhutla.

"Selain membahayakan kesehatan, karhutla merusak lingkungan," ujar Wabup lagi.

Selain itu, Wabup juga mengingatkan pihak berwajib yakni Polri dan TNI bisa menindak tegas pelaku-pelaku yang sudah dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan. 

"Tindak tegas saja, biar memberikan efek jera bagi masyarakat yang sudah berani melakukan pembakaran lahan," ujarnya tegas.

Kepala BPBD Tapin H Nurdin mengatakan, kesiapan personil cepat tanggap karhutal setiap posko selalu bersiaga 24 jam dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Apabila kita temukan titik api saat malam hari dengan kondisi yang tidak memungkinkan akan dilakukan pemadaman besok hari, terkecuali kindisi darurat misal dekat pemukiman warga. Hal ini untuk keamanan para personil," ujarnya.

 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019