Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XI Kalimantan terus berupaya meningkatkan daya saing dan daya kritis mahasiswa Kalimantan sehingga lebih siap menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sekretaris LLDIKTI Wilayah XI, Dr Muhammad Akbar di Banjarmasin Jumat mengatakan, upaya tersebut antara lain dilakukan dengan rutin menggelar berbagai kompetisi antarmahasiswa dan kampus di Kalimantan.

Kegitan yang rutin digelar LLDIKTI adalah antara lain Lomba Debat Berbahasa Inggris tingkat Perguruan tinggi atau National University Debating Championship (NUDC) tingkat Wilayah XI.

"Kompetisi tersebut telah kami gelar pada 2 Juni 2019, dan hasilnya luar biasa, ternyata mahasiswa Kalimantan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mahasiswa di Jawa maupun daerah maju lainnya," katanya.

Menurut dia, tujuan dari kompetisi NUDC ini, untuk Mengingkatkan daya saing mahasiswa, meningkatkan kemampuan bahasa inggris, meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis, menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis dan memperkuat karakter mahasiswa.

“NUDC merupakan agenda rutin dari Direktorat Belmawa, Kemenristekdikti. Yang memiliki tujuan umumnya yaitu meningkatkan daya saing lulusan perguruan tinggi di Indonesia," katanya. 

NUDC ditujukan kepada mahasiswa baik mahasiswa PTS maupun PTN untuk meningkatkan daya saing lulusan pada era globalisasi.
Kompetisi tersebut telah kami gelar pada 2 Juni 2019, dan hasilnya luar biasa, ternyata mahasiswa Kalimantan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mahasiswa di Jawa maupun daerah maju lainnya (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Selain itu, juga meningkatkan kemampuan berbahasa inggris yang harus bahkan wajib dimiliki mahasiswa pada saat ini, dan meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis serta kemampuan untuk menmyampaikan pendapat.

Debat yang berlangsung selama dua hari tersebut menggunakan sistem penyisihan pada tingkat wilayah ini terdapat 3 sampai 5 babak penyisihan untuk menentukan tim terbaik yang berhak maju ke babak eliminasi, dimulai dengan elimination rounds (babak gugur), Quarterfinal rounds (babak perempat final), Semifinal rounds (babak semi final) dan Grand Final round (babak final).

NUDC Tingkat Wilayah XI ini akan dipilih 6 tim terbaik untuk mewakili NUDC pada tingkat Nasional yang akan di gelar pada Agustus ini.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor LLDIKTI Wilayah XI, Banjarmasin ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Kepala Bagian Akademik, kemahasiswaan dan sumber daya LLDIKTI Wilayah XI, Rinawati Agustini mengatakan, NUDCtingkat provinsi diikuti 16 Tim dari PTS dan PTN yang ada di lingkungan LLDIKTI Wilayah XI.

“Seleksi NUDC tingkat Wilayah ini diikuti 16 tim, yang terdiri dari 8 tim dari PTS dan 8 tim dari PTN dilingkungan LLDIKTI Wilayah XI. Yang mana semua tim merupakan hasil dari seleksi, Seleksi tingkat provinsi bagi perguruan tinggi swasta, dan seleksi tingkat universitas bagi perguruan tinggi negeri,” jelas Rinawati Agustini.

Adapun Perguruaan tinggi yang telah waktu itu adalah, Universitas Palangka Raya, Universitas Lambung Mangkurat, Politeknik Samarinda, Politeknik Pertanian Samarinda.

Kemudian, Universitas Mulawarman, Universitas Tanjung Pura Pontianak, Universitas Borneo Tarakan, Politeknik Negeri Banjarmasin, Universitas Darwan Ali Sampit, Universitas Islam Kalimantan, STKIP PGRI Banjarmasin, Stiper Amuntai, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, STT Migas Balikpapan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, dan STBA Pontianak.

Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan/Muhammad Adie Karya
 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019