Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad memimpin peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sebagai inspektur upacara, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSS Hendro Martono, di Kandangan, Sabtu (17/8), mengatakan dalam peringatan ini diadakan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

"Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan tali asih yang diserahkan oleh Wakil Bupati HSS kepada para veteran dan janda pejuang serta penyerahan berbagai penghargaan," katanya.
   

Baca juga: 32 orang anggota Paskibraka HSS Tahun 2019 dikukuhkan

Dijelaskan dia, untuk penghargaan tersebut antaralain, penyuluh pertanian teladan tingkat Kabupaten HSS, guru berprestasi, kepala sekolah berprestasi, pengawas sekolah berprestasi, dan juga penyerahan remisi kepada narapidana.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mengucapkan selamat memperingati hari kemerdekaan RI bagi seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya di Kabupaten HSS.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada para panitia penyelenggara yang melaksanakan tugas dengan baik dan lancar, dan sengaja menugaskan Wakil Bupati HSS bertindak sebagai inspektur upacara.

"Saya tidak ingin menganggu kekhidmatan pelaksanaan acara karena kondisi masih dalam tahap pemulihan kesehatan, sehingga Wakil Bupati HSS yang memimpin," katanya.

Peringatan HUT RI ke-74 di HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Atraksi Teatrikal Brigjen H Hassan Basry Meriahkan HUT RI

Menurut dia, agar peringatan HUT RI dapat dimaknai dengan bersyukur atas kemerdekaan kepada Allah SWT dan mengajak agar mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan dan tugas bersama dalam mengentaskan kemiskinan dan kebodohan serta mensejahterakan masyarakat.

Peringatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan Polisi Cilik binaan Polres HSS serta paduan suara "Sehati Voice", dan keseruan usai peringatan juga dirasakan saat Bupati HSS, Wabup dan Forkopimda HSS berkenan menyanyi bersama dilanjutkan foto bersama.

Sebelumnya, Wakil Bupati HSS mengikuti apel Kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 yang digelar di Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Banua, Kecamatan Padang Batung, Jum'at (17/8).

Peringatan HUT RI ke-74 di HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Purna Paskibraka HSS Diberangkatkan Wisata Alam Edukasi

Apel Kehormatan dan Renungan Suci juga diikuti personil TNI dan Polri, Sekda HSS H M Noor, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, Ketua sementara DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Kepala Kejaksaan HSS Sugeng Riyadi serta para kepala SKPD HSS dan juga anggota Pramuka.

Apel berlangsung penuh khidmat dan juga sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa pahlawan yang telah gugur untuk merebut, meraih dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Dilanjutkan, Wakil Bupati HSS beserta jajaran menyambut serta menjamu Forkopimda, para alim ulama, dan para petugas upacara bendera 17 Agustus untuk saling bersilaturrahmi, di Pendopo Bupati HSS, Sabtu (17/8) sebelum pelaksanaan upacara peringatan.

Penyerahan tali asih bagi veteran dan janda pejuang (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019