Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten  Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72, antara lain dengan menampilkan aksi teatrikal perjuangan Pahlawan Brigjen H Hassan Basry.

Dandim 1003 Kandangan, Letkol (Inf) Gufron, di Kandangan, Kamis (17/8), mengatakan, aksi teatrikal merupakan persembahan jajaran Kodim 1003 Kandangan, bekerjasama dengan teater Al Bastari Kandangan. 

"Teatrikal menceritakan bagaimana perjuangan Pahlawan Nasional Brigjen H Hasan Basry, melawan penjajahan Kolonial Belanda dan pembentukan Divisi Alri, sampai pembacaan teks proklamasi,"katanya.

Ia mengatakan teatrikal ini sengaja mengangkat tema lokal, untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat di hari kemerdekaan RI, sehingga bisa menjadi motivasi untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal bermanfaat untuk kemajuan daerah dan bangsa.

Selain itu, ia mengharapkan aksi teatrikal yang disuguhkan dalam rangkaian upacara HUT RI Ke 72 ini, warga Kabupaten HSS, bisa mengenang pula jasa leluhur dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Usai pelaksanaan upacara HUT RI ke 72, Bupati HSS Achmad Fikry  menyerahkan berbagai penghargaan, seperti piagam penghargaan Manggala Karya Kencana atas prestasi dan komitmen dalam menggerakkan program kependudukan keluarga berencana serta pembangunan keluarga sejahtera di Kabupaten HSS. 

Diserahkan pula trophi dan piagam penghargaan untuk percepatan cakupan pemberian akta kelahiran anak tahun 2017, kategori pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.
 
Serta penyerahan trophi dan piagam penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2017 kategori Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan penyerahan tali asih secara simbolis kepada veteran dan janda pejuang serta penyerahan remisi umum.
 
Dalam rangkaian peringatan HUT RI, Jajaran Pemkab HSS juga melaksanakan pawai pembangunan yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah kecamatan, desa, perbankan, BUMN dan BUMD. 

Pawai pembangunan tersebut dilepas secara resmi Achmad Fikry di halaman Pendopo Kabupaten dan warga antusias menyaksikan pawai dengan ikut memadati ruas jalan yang menjadi route pawai, walaupun cuaca dalam keadaan hujan gerimis.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017