Oleh Rusmanadi

Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) meluncurkan buku eksperimen sains berbahan lokal, hasil kreatifitas guru-guru sains di Provinsi Kalimantan Selatan maupun Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurut Deputy Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), Ignas Iryanto, Minggu di Tanjung, ibukota Tabalong, buku eksperimen sains berbahan lokal tersebut sebagai bukti kalau bahan dari alam bisa menjadi bahan percobaan sains yang menarik.

"Kita menggandeng rumah sains Ilma dalam membuat buku eksperimen sains berbahan lokal dengan harapan buku ini bisa meningkatkan minat sains di kalangan anak didik," jelas Iryanto.

Peluncuran buku eksperimen sains berbahan lokal yang ditulis A Muzi Marpaung sendiri dilaksanakan Sabtu (18/5) di auditorium Islamic Center, Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak sekaligus pameran alat peraga sains siswa dan final olimpiade proyek sains SD.

Direktur YABN, Okty Damayanti saat peluncuran buku eksperimen sains berbahan lokal mengungkapkan yayasan akan terus memperluas jangkauan program sains SD dan SMP sehingga lebih banyak siswa maupun guru terinspirasi untuk mengenal dan membudayakan sains.

"Saat ini sekitar 500 guru dan 1.250 siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang mengikuti workshop pembelajaran sains dan 12 klub sains sudah terbentuk," jelas Okty.


Selain meluncurkan buku eksperimen sains berbahan lokal, YABN juga menggelar dialog interaktif yang diikuti Wakil Bupati, Muchlis, Direktur YABN, Okty Damayanti, Deputy General Manager PT AdaroIndonesia, Razky Dartaman, manager CSR, Abdurahman serta penulis buku dari rumah sains Ilma, A Muzi Marpaung.

Dialog interaktif yang dipandu Khusnul Anwar (Kepsek SMP Negeri 4 Murung Pudak) juga menghadirkan para guru yang menjadi kontributor buku eksperimen sains berbahan lokal.

Sementara itu dalam lomba olimpiade proyek sains SD sendiri, eksperimen api naga dari SD Negeri Juru Banu, Barito Timur (Kalimantan Tengah) meraih juara pertama.

Peringkat kedua dan ketiga juga diraih kabupaten Barito Timur masing-masing SD Negeri 3 Tamiang Layang dengan eksperimen pelangi dalam gelas dan SD Negeri 4 Tamiang Layang eksperimen ledakan dahsyat.
Sedangkan predikat pameran proyek sains favorit pengunjung yakni gunung soda hasil karya siswa SD Plus Murung Pudak,Tabalong (Kalimantan Selatan)./C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013