Peristiwa kebakaran yang terjadi di Kecamatan Sungai Pandan menghanguskan sebanyak sembilan rumah warga dan merusak satu rumah akibat terkena dampak penyemprotan Barisan Pemadam yang berupaya keras memadamkan kobaran si 'jago merah'.

Musibah yang terjadi Senin (5/8) dini hari sekitar pukul 02.00 wita cukup mengagetkan warga Desa  Hambuku Tengah Rt 02 Kecamatan Sungai Pandan (Alabio) yang sebagian besar tengah tertidur lelap.
 
Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid serahkan bantuan sembako dan uang bagi korban kebakaran. (Eddy Abdillah)

"Semoga keluarga yang sedang tertimpa musibah bisa menjalani ujian ini dengan tabah dan sabar, saya bisa memahami perasaan duka dari para korban karena saya dan keluarga juga pernah mengalami musibah kebakaran di 1996," ujar Ketua TP PKK Hulu Sungai Utara (HSU) Hj. Anisah Rasyidah Wahid di Alabio, Selasa.

Anisah mewakili Pemkab HSU menyerahkan bantuan sembako dan uang bagi para korban kebakaran. Kebetulan bupati tidak bisa datang langsung menyerahkan bantuan karena ada kegiatan lain.
 
Hj Anisah Rasyidah. (Eddy Abdillah)

Musibah tersebut menghanguskan 10 buah rumah warga, terdiri 8 buah habis 100%, 1 buah 50%, dan 1 buah 25%. Akibatnya, 12 kepala keluarga dengan 36 jiwa kehilangan tempat tinggal, syukur tidak ada korban jiwa pada musibah ini.

Rumah yang terbakar milik Awaya 100% terbakar dalam kondisi tak berpenghuni (kosong), rumah Sarkawi 100% terbakar terdiri 2 kepala keluarga (kk) dihuni 8 jiwa,
Murjani 100% terbakar 1 kk 2 jiwa,  Hj. hatimah 100%terbakar 1 kk 3 jiwa, Barwati 100% terbakar 1 kk 2 jiwa, Jakirin 100% terbakar 1 kk 4 jiwa, Hj.Rusnah 100% terbakar 1 jiwa, Pria Husaini 100% terbakar 1kk 2 jiwa,  Rahmadi 50% terbakar 2 kk 6 jiwa dan Rusnah rusak 20% akibat upaya  penyemprotan dari BPK terdiri 1 kk 2 jiwa.
 
Pengurus Muhammadiyah juga menyerahkan bantuan. (Eddy Abdillah)

Pada saat yang sama, para korban musibah kebakaran juga menerima bantuan berupa sembako dari Pengurus Cabang Muhammadiyah Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan  Kabupaten Tapin. 

Sehari sebelumnya juga diserahkan bantuan berupa sembako dan peralatan dapur dari Dinas Sosial dan bantuan beras dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSU.

tBaca juga: Warga Babirik geger dengan penemuan sumur bor mengeluarkan gas
Baca juga: Dinas Pertanian HSU siapkan puluhan pompa air
Baca juga: Analis ketahanan pangan minta Pemkab HSU antisipasi lonjakan harga pangan

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019