Anggota DPRD Kabupaten Banjar dari Fraksi Nasdem H. Akhmad Rozanie Himawan Nugraha atau akrab dipanggil Haji Zanie akan memboyong aktivis Save Meratus untuk bertemu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Jakarta.

ia mengatakan, keinginan tersebut sudah disampaikan secara langsung kepada Siti Nurbaya beberapa waktu lalu, dan disambut positif menteri dengan meminta agar dirinya dapat menyampaikan di kantor kementerian yang juga akan dihadiri dirjen terkait.

"Saya bilang siap, saya juga akan membawa kawan-kawan dari perwakilan aktivis Save Meratus dan kawan-kawan dari perwakilan Kabupaten Banjar," katanya, Kamis (18/7).

Baca juga: Chairansyah "Mbah Marijan" Penjaga Meratus

Dijelaskan dia, sebelumnya telah menyampaikan kepada menteri tentang pegunungan Meratus yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dan menceritakan bahwa di kabupaten tetangga sudah banyak hutan dirambah untuk tambang dan perkebunan sawit.

"Saya juga bilang, kalau misalkan di wilayah HST ini hutan juga dirambah untuk kepentingan tambang dan sawit, maka  bisa menimbulkan bencana bagi Kabupaten HST, bahkan kabupaten tetangga lainnya," katanya.

Hanya pegunungan Meratus di HST yang menjadi hutan penyangga, dan hanya masyarakat HST yang menolak aktivitas tambang termasuk dirinya.

"Kepada Ibu menteri saya katakan agar beliau  bisa menyelamatkan hutan meratus kami yang ada di HST, supaya masyarakatnya bisa terbebas dari bencana alam nantinya," katanya.

Baca juga: Aksi Serentak menulis surat kepada Presiden untuk menyelamatkan Meratus

Selain tentang pegunungan meratus, ia juga menyampaikan aspirasi masyarakat daerah Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, yang sampai saat ini masyarakatnya tidak bisa memiliki kepemilikan tanah bersertifikat, dikarenakan terkena area wilayah hutan Lindung,

"Padahal mereka sudah bermukim di sana sudah lama, banyak desa juga yang ikut ditenggelamkan karena pembuatan waduk pada tempo dulu," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019