Anggota kepolisian di jajaran Polres Balangan dipersiapkan untuk melakukan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Sarana dan prasarana mulai dari personel, kendaraan roda empat hingga alat pemukul manual yang disebut gepyok, kami siapkan untuk upaya penanggulangan Karhutla," kata Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni di Paringin, Senin.

Pada Apel pengecekan peralatan Karhutla di Mapolres Balangan, ia menekankan agar jajarannya memaksimalkan tugas kepolisian dalam menanggulangi Karhutla.

"Utamakan keselamatan diri dan rekan serta warga dalam penanganan Karhutla, maksimalkan pengabdian diri dalam bertugas, dan periksa kelengkapan peralatan yang dibutuhkan saat turun kelapangan," ujar orang nomor satu di Kepolisian Bumi Sanggam, julukan Kabupaten Balangan.

Memastikan kesiapan sarana prasarana dan personel, AKBP Moh Zamroni melakukan pengecekan peralatan Karhutla seperti Kendaraan Bermotor roda dua dan roda empat, mesin pompa air, penyemprot air (solo), alat pemukul (gepyok), tandon air 1.200 liter dan masker.

Simulasi penggunaan peralatan Karhutla juga dipraktikan di hadapan Kapolres Balangan oleh personel yang hadir dalam apel pengecekan tersebut, untuk memastikan peralatan mampu dimaksimalkan dalam penggunaannya nanti.

Baca juga: BPPT memperingatkan masyarakat tidak buka lahan dengan membakar

Baca juga: HSS tetapkan status siaga darurat Karhutla

"Semua peralatan kami lakukan pengecekan serta simulasi penggunaannya di lapangan. Karena percuma menyiapkan peralatan kalau nantinya tidak berfungsi sama sekali," ucapnya.

Polres Balangan akan selalu siap melakukan penanggulangan Karhutla yang terjadi di wilayah Kabupaten Balangan.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019