PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Selatan membayarkan klaim asuransi kecelakaan lalu lintas senilai Rp10,1 miliar pada semester pertama tahun 2019 akibat meningkatnya tingkat kecelakaan di Kalimantan Selatan, terutama saat Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri.

"Nilainya naik dibanding periode yang sama Januari hingga Juni tahun 2018, yakni Rp8,9 miliar," kata Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalsel M Zulham Pane di Banjarmasin, Senin.

Dia mengakui, meningkatnya jumlah kecelakaan pada enam bulan awal 2019 ini salah satunya ada momen puasa Ramadhan dan Lebaran. Dimana puncaknya terjadinya arus mudik kendaraan yang cukup ramai. Kemudian masa Pemilu 2019 juga berefek pada meningkatnya aktivitas masyarakat di jalan raya.

Baca juga: Jasa Raharja mengajak masyarakat download aplikasi JRku

"Kecelakaan lalu lintas masih didominasi kendaraan roda dua dan hal yang membuat kami cukup miris pelaku ataupun korbannya rata-rata usia produktif 17 hingga 35 tahun," kata Zulham.

Untuk itu, Zulham berharap dengan adanya kemitraan bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel dan jajarannya, pada semester kedua tahun ini dapat menurunkan angka kecelakaan.

Kepada pemilik kendaraan bermotor, dia juga mengimbau untuk bisa melakukan pembayaran pajak STNK di kantor bersama Samsat tepat waktu yang diiringi pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

"Dengan pembayaran pajak secara rutin, hal ini otomatis memberikan perlindungan kepada masyarakat yang mengalami korban kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Baca juga: Aplikasi JRku permudah ajukan santunan secara online
Baca juga: Kasus kecelakaan di Kalimantan Selatan pada 2019 naik

Pada kesempatan itu, Zulham juga mengajak masyarakat segera mendownload aplikasi JRku guna kemudahan dalam memproses klaim santunan secara online serta berbagai fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk perjalanan di jalan raya lebih aman dan nyaman.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019