Kelompok Tani Tunas Baru Desa Sei Anyar Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong mengembangkan varietas bawang merah Tuk Tuk dengan cara biji secara swadaya.

Ketua Kelompok tani Roni Rifani menyampaikan bawang merah Tuk Tuk cocok di tanam di dataran rendah seperti Kecamatan Banua Lawas.

"Alhamdulilah hasil uji tanam varietas bawang merah Tuk Tuk bisa tumbuh dengan baik," jelas Roni.

Keberhasilan ini menarik perhatian pemerintah daerah mengingat Kecamatan Banua Lawas didominasi lahan lebak sehingga hanya cocok untuk sektor peternakan dan tanam padi.

Kepala Seksi Sayuran Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong Sri Astuti mengatakan varietas bawang merah Tuk Tuk tingkat keberhasilan cukup tinggi dibanding varietas lainnya.

 "Untuk pertama kalinya penanaman bawang merah dilakukan di dataran rendah dan hasilnya cukup baik," ungkap Astuti.

 Selain di Kecamatan Banua Lawas budidaya bawang merah juga dikembangkan di Kecamatan Haruai, Jaro, Tanjung, Upau, Muara Uya dan Tanta.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan perlu upaya diversifikasi usaha dalam rangka menambah pendapatan masyarakat.

 "Terbukti budidaya bawabg merah juga bisa dilakukan di dataran rendah sehingga bisa mendukung upaya diversifikasi usaha selain sektor peternakan dan perikanan," jelas Anang.

Selanjutnya pemerintah daerah akan mendukung sarana infrastruktur bagi perkembangan budidaya bawang merah maupun sayuran lainnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019