Pengurus Masjid Al Abrar Desa Gambah Luar, kembali mengadakan Festival Tanglong dan acara ini diselenggarakan secara swadaya oleh Ta'mir Masjid yang melibatkan masyarakat lingkungan Masjid Al Abrar.

Wakil Ketua Pengurus Masjid Al Abrar, di Gambah luar, Selasa ( 4/6), mengatakan festival tanglong ini diadakan dalam rangka menyemarakkan malam Idul Fitri 1440 Hijriyah, dengan pawai keliling mengarak beragam tanglong hasil karya warga setempat.

Baca juga: Lebaran hari pertama camat di HSS "standby" di wilayah masing-masing

"Acara yang dilaksanakan secara sederhana ini diikuti oleh 18 buah tanglong dilepas dari Jalan  A.Yani depan Masjid Al-Abrar, dengan rute menuju Jalan Kambang Basar, Tabihi, Karang Jawa, Kandangan Hulu, Kandangan Kota, Tinggiran, Parincahan dan kembali ke Gambah Luar depan Masjid," katanya.

Dijelaskan dia, acara ini laksanakan pihaknya hanya untuk warga sekitar lingkungan masjid, dan sepanjang rute ada 14 posko yang dilalui dan murni dananya berasal dari sumbangan msayarakat.

Baca juga: Video : Bupati HSS buka festival tanglong dan parade bagarakan sahur

Begitupun, tidak ada juara dalam tanglong ini karena  murni hanya untuk menyemarakkan syiar Islam, namun diakhir acara saat garis finish para peserta akan mendapatkan door prize dari nomor undian nomor peserta.

Antusias masyarakat sangat ramai mengikuti jalannya arak-arakan ini dan suasana makin meriah tatkala memasuki Kota Kandangan, rombongan ini juga berpapasan dengan arak-arakan serupa dari pawai tanglong yang diselenggarakan Pemkab HSS dari depan Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019