Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry membuka festival tanglong dan parade bagarakan sahur tahun 2019 kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan Tim Kreatif HSSTV, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, di Kandangan, Jum;at (31/5), mengatakan event ini diadakan dalam rangka untuk menyemarakkan syiar Islam dan menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Juga untuk untuk mempertahankan seni tradisional yang sudah berkembang pada masyarakat, sekaligus untuk memberikan hiburan yang bernuansa Islami bagi Masyarakat HSS," katanya, saat menyampaikan laporan selaku Ketua Panitia Pelaksana.
   

Baca juga: Bupati HSS serahkan tambahan penghasilan untuk ustadz dan ustadzah

Dijelaskan dia, peserta pada Festival Tanglong pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, bila  tahun lalu pesertanya berjumlah 48 kelompok peserta maka tahun ini berjumlah 61 kelompok peserta.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan mengapresiasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam mensukseskan Festival Tanglong dan Parade Bagarakan Sahur ini sehingga bisa terselenggara dengan baik dan semarak.

Menurut dia, event ini merupakan salah satu media untuk syiar agama Islam dan menjadi tempat masyarakat menikmati betapa besarnya Islam dengan melihat berbagai prototype rumah-rumah ibadah.

“Tentu ini sangat berarti bagi masyarakat bahwa kita punya event yang bernuansa religi, dan Insya Allah akan dilaksanakan sampai setelah hari raya, hiburan bagi masyarakat setelah melaksanakan Sholat Taraweh bisa menyaksikan tanglong dan bagarakan sahur,” katanya.

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, ia menghimbau  agar masyarakat yang mudik dan lain-lain agar menjaga kesehatan, keselamatan, Ikuti aturan lalu lintas dan beliau berharap Idul Fitri kali ini merupakan hari kemenangan bagi semuanya.

“Semoga kita bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun yang akan datang, dengan kadar keimanan, ketaqwaan lebih meningkat lagi.” katanya.

Baca juga: Pemkab HSS gelar khataman Al Qur'an massal

Festival Tanglong dan Parade Bagarakan Sahur berlangsung pada tanggal 31 Mei sampai dengan  07 Juni 2019, dan diawali  dengan penampilan dari Tim Paduan Suara Sehati Voice dengan menyanyikan lagu-lagu religi.

Selepas pembukaan secara resmi yang ditandai dengan pemukulan beduk, Bupati HSS bersama tamu undangan berkeliling meninjau deretan tanglong yang mengelilingi Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, Sekretaris Daerah H. Muhammad Noor, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwiijayanto. Kepala Kemenag HSS H Saribuddin, para kepala OPD lingkup HSS dan para camat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019