Aliran listrik di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah kembali normal menyusul selesainya perbaikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Asam-Asam Unit I yang membuat terjadi pemadaman bergilir.

"Perbaikan pipa pompa air pendingin yang pecah sudah selesai dan pipanya telah tersambung sejak Rabu (2/6) sehingga operasional PLTU Asam-Asam Unit I kembali normal," ujar pejabat Humas PT PLN Wilayah Kalselteng Anggraini di Banjarbaru, Minggu.

PLTU Asam-Asam Unit I merupakan sumber energi utama bagi kedua provinsi itu yang memasok daya sebesar 65 MW. Dengan pulihnya PLTU itu sekarang tidak ada lagi pemadaman bergilir.

"Suplai listrik sudah normal karena dua unit PLTU Asam-asam sudah beroperasi sesuai kapasitas yakni 2x65 MW," ujarnya.

Seandainya masih terjadi pemadaman maka itu bukan disebabkan gangguan PLTU Asam-asam tetapi kemungkinan gangguan distribusi atau yang lainnya

Sebelumnya pipa yang berfungsi sebagai pendingin air di PLTU Asam-Asam unit I mengalami kerusakan atau pecah sehingga sebagian wilayah Kalsel dan Kalteng mengalami pemadaman bergilir sejak Jum'at (28/5).

Pipa berdiameter 1,4 meter berbahan fiberglass itu berfungsi sebagai pompa pendingin air yang membantu operasional PLTU dalam menghasilkan daya listrik.

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2010