Kamis, 27 Juli 2017

TNI Bangun Jalan Tembus Antarkecamatan Di HST

id TMMD, Kabupaten HST, TNI masuk desa
TNI  Bangun Jalan Tembus Antarkecamatan Di HST
ilustrasi.(Antaranews Kalsel/humas)
Kegiatan fisik TMMD adalah pelebaran dan pengerasan jalan tembus dari Desa Pasting kecamatan Hantakan sampai ke Desa Mangunang Kecamatan Haruyan dengan panjang 3.100 meter dan lebar empat meter
Barabai (Antaranews Kalsel) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, bakal membangun jalan tembus antarkecamatan untuk meningkatkan akses perekenomian dan sosial masyarakt terutama di daerah terpencil.

Komandan Kodim (Dandim) 1002 Barabai, Letkol Inf Dodit Hery Setiawan pada pembukaan TMMD di Barabai Rabu mengatakan, salah satu daerah yang akan dibangun jalannya yaitu Desa Pasting Kecamatan Hantakan dengan total dana yang disiapkan sebesar Rp2 miliar dari dana APBD HST.

"Kegiatan fisik TMMD adalah pelebaran dan pengerasan jalan tembus dari Desa Pasting kecamatan Hantakan sampai ke Desa Mangunang Kecamatan Haruyan dengan panjang 3.100 meter dan lebar empat meter," katanya.

Menurut Dodit, kegiatan lainnya adalah rehab dua buah jembatan, perbaikan masjid dan rehab mushala dan rehab dua buah rumah layak huni.

Selain kegiatan pembangunan fisik, kegiatan TMMD juga membantu masyarakat melalui  kegiatan nonfisik antara lain yaitu penyuluhan pertanian, bela Negara, bahaya narkoba, ceramah agama, penyuluhan KB dan kesehatan keliling serta kampanye militer tentang penerimaan prajurit putra.

Pembukaan kegiatan TMMD juga ditandai dengan kegiatan donor darah, sunatan massal gratis, pengobatan gratis, pasar murah dan panggung hiburan rakyat.

"Kami juga memberikan paket sembako kepada warga miskin, lima buah Al Quran untuk pondok pesantren, satu buah Al kitab Injil untuk gereja, dan lima buah bola kaki kepada pemuda-pemuda di kecamatan Hantakan," katanya.

Kegiatan TMMD ini, akan berlangsung selama satu bulan dengan jumlah personel diturunkan sebanyak 150 orang yang terdiri dari perwakilan Korem 101 Antasari lima orang, Kodim 1002 Barabai 92 orang, Yonif 621 Manuntung 33 orang, Tim Asitensi 20 orang dan Polres HST 10 orang.

"Untuk memudahkan para anggota dalam bekerja, setiap titik pembangunan, kami siapkan tenda dan dapur umum dengan bantuan masyarakat sekitar," ungkapnya.

Wakil Bupati HST, H A Chairansyah, menyampaikan, kegiatan TMMD ini sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan di desa-desa di wilayah terpencil khususnya di HST.

"Kepada masyarakat desa Pasting, saya berharap agar dapat memanfaatkan kegiatan TMMD sebagai sarana gotong royong dan dapat bertanggungjawab dalam pemeliharaan sarana dan prasarana yang akan dibangun agar terus bermanfaat," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Aster Kodam VI kolonel inf MS Aziz, Aster Korem 101 Antasari Letkol inf A Safrudin, Kasubid Fasilitasi Tanggap Darurat dan Krisis Kesehatan Kemenkes RI Dodi Irianto, Usur FKPD HST, dan para Kasdim se Kalsel.

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga