Advanced Technology Research Council Abu Dhabi Luncurkan ‘AI71’: Perusahaan AI Baru yang Memelopori Kontrol Data Terdesentralisasi untuk Perusahaan & Negara

Advanced Technology Research Council Abu Dhabi Luncurkan ‘AI71’: Perusahaan AI Baru yang Memelopori Kontrol Data Terdesentralisasi untuk Perusahaan & Negara

H.H. Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Ketua Dewan Eksekutif Abu Dhabi meluncurkan AI71 bersama dengan H.E Faisal Al Bannai, Sekretaris Jenderal, Advanced Technology Research Council (Foto: AETOSWire)

    AI71 dibangun berdasarkan Model AI Falcon Generative berperingkat global

    Perusahaan baru ini akan terjun dalam kemajuan AI multi domain, dengan fokus awal pada sektor Medis, Pendidikan, dan Hukum


Abu Dhabi, Uni Emirat Arab --(ANTARA/Business Wire)-- Di tengah pesatnya era kemajuan di bidang Kecerdasan Buatan (AI), Advanced Technology Research Council (ATRC) Abu Dhabi kembali mengambil langkah berani dengan meluncurkan perusahaan AI baru, AI71. Entitas ini dibangun berdasarkan model AI generatif Falcon milik Technology Innovation Institute (TII) dan akan berfokus pada spesialisasi multi domain sambil menawarkan pilihan kontrol data AI yang belum pernah ada bagi perusahaan dan negara yang ingin melakukan hosting sendiri untuk lebih memiliki privasi.

Pembangkit tenaga AI baru ini diluncurkan oleh Yang Mulia Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Ketua Dewan Eksekutif Abu Dhabi, di hadapan beberapa menteri dan perwakilan perusahaan teknologi multinasional terkemuka.

Meskipun Technology Innovation Institute ATRC mengembangkan Large Language Model (LLM) Falcon 7B, 40B, dan 180B, anak perusahaan VentureOne ATRC yang akan membawa AI71 untuk memasarkan di berbagai domain, dimulai dari sektor medis, pendidikan, dan hukum. Dengan mengizinkan akses ke gudang besar data anonim di pasar-pasar vertikal ini, mewakili demografi yang banyak sekali dan beragam, AI71 akan menawarkan pembeda sangat penting dibandingkan pasar AI lain yang serius saat ini yaitu infrastruktur elektronik UEA yang sangat digital dan relatif matang.

Di saat inovasi seringkali melampaui kerangka peraturan, struktur pengambilan keputusan pemerintah UEA yang cepat memosisikan perusahaan baru ini secara unik untuk memanfaatkan kemajuan AI yang bertanggung jawab di seluruh dunia, tanpa melalui proses panjang yang sering dikaitkan dengan perkembangan tersebut.

Melalui kemitraan dan kerja sama, AI71 akan memungkinkan klien menggunakan model AI-nya dan memetik manfaat dari akses ke reservoir data canggih untuk memastikan kinerja AI generatif yang luar biasa. Yang lebih penting, AI71 akan memungkinkan kepemilikan data terdesentralisasi, sehingga klien dapat tetap mengontrol data mereka sendiri. Penawaran ini akan menetapkan standar baru untuk privasi dan keamanan, yang berfungsi sebagai pembeda untuk proyek AI yang sangat mengutamakan kedaulatan data. Pilihan ini merevolusi aksesibilitas AI, khususnya bagi perusahaan, perusahaan besar, dan entitas pemerintah asing yang ingin memastikan privasi data mereka tetap terjaga.

AI71 akan dibangun berdasarkan pendekatan yang pro inovasi dan melibatkan seluruh masyarakat, serta dengan landasan bahwa teknologi AI tidak boleh menjadi milik segelintir orang saja, melainkan dapat diakses lebih banyak orang guna mendorong inovasi yang kreatif. Fokus perusahaan AI baru ini adalah memperdalam kredibilitas Abu Dhabi dan UEA secara luas sebagai pesaing AI yang serius, sehingga dengan demikian menandai munculnya era ekonomi pengetahuan di negara ini.

Kata Yang Mulia Faisal Al-Bannai, Sekretaris Jenderal Advanced Technology Research Council: "Di UEA, kerja sama bukan hanya praktik - melainkan sudah tertanam dalam DNA kami. Model AI generatif Falcon kami sebagai inti AI71 ini memampukan pengembang, perusahaan, dan negara-negara, serta memberi mereka otonomi untuk mengendalikan nasib data mereka sendiri. Dengan akses ke kumpulan data terpusat di UEA, komersialisasi model AI kami yang disengaja di berbagai sektor merupakan elemen penting dalam rencana AI71 kami. Selagi menjajaki jalur ini, kami juga berkomitmen kuat untuk selalu menyediakan open source model-model AI Falcon. Karena hanya dengan mendemokratisasi sumber daya data yang berharga ini, kita benar-benar memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.

Spesialisasi mutakhir AI71 yang pertama akan berfokus pada sektor medis dan berupaya mengubah kemampuan diagnosis dan pengambilan keputusan, sehingga secara signifikan akan mengubah keakuratan dan waktu yang dihabiskan untuk setiap pasien.

Sektor pendidikan dan hukum juga akan mendapatkan manfaat dari integrasi dan peningkatan AI - yang berdampak pada setiap bidang dengan manfaat berbeda yang melahirkan solusi baru untuk mendukung pembangunan masyarakat.

AI71 bekerja sama dengan tujuh mitra di seluruh ekosistem, antara lain Department of Government Enablement Abu Dhabi, yang memusatkan lebih dari 30 entitas pemerintah melalui digitalisasi; Office of Artificial Intelligence, Digital Economy, and Remote Work Applications, untuk mendukung penerapan lebih luas; World Wide Technology untuk sama-sama mengembangkan solusi AI terintegrasi di lokasi; CNTXT untuk menyediakan layanan pelabelan dan anotasi data; Hub71 untuk menarik dan meningkatkan perusahaan rintisan teknologi dan AI; PwC Middle East untuk mengatasi kasus penggunaan pelanggan; dan AWS untuk menyediakan kapasitas daya komputasi.

Karena AI memengaruhi cara kita hidup dan bekerja di masa mendatang, perusahaan baru ini ingin mengembangkan penawarannya bagi perusahaan berdasarkan permintaan industri dan memfasilitasi penyebaran AI di perekonomian lebih luas. AI71 menghadirkan peluang untuk memimpin langkah perubahan dan mendorong ekosistem yang mengutamakan AI di UEA dan sekitarnya.

Seiring dengan dampak AI71 di seluruh perusahaan, industri, dan pemerintah, VentureOne akan memperkenalkan berbagai spesialisasi baru untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari berbagai sektor.


*Sumber: AETOSWire

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Jennifer Dewan, Direktur Senior Komunikasi

Sumber: Advanced Technology Research Council

Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023