Rabu, 18 Oktober 2017

69 Tanglong Semarakkan Festival Tanglong Kandangan

id Festival Tanglong, Pemkab HSS, Bupati HSS, Kandangan, Kominfo HSS
69 Tanglong Semarakkan Festival Tanglong Kandangan
Festival Tanglong Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2017 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antara Kalsel)
"Peserta festival tanglong Kabupaten HSS yang terdaftar untuk kategori umum, pendidikan, instansi vertikal, BUMN, BUMD dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten HSS berjumlah sebanyak 61 peserta, dengan 69 tanglong,"katanya.
Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kota Kandangan gemerlapan dengan cahaya tanglong dengan ragam warna dan miniatur Islami, Festival Tanglong tahun 2017 dibuka secara resmi Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan H. Achmad Fikry, Kamis (16/6) malam.

Ketua Panitia Pelaksana, H. Muhammad Thaha melaporkan kegiatan Festival Tanglong tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 21 Ramadhan sampai malam 1 Syawal 1438 H, yang bertempat di lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

"Peserta festival tanglong Kabupaten HSS yang terdaftar untuk kategori umum, pendidikan, instansi vertikal, BUMN, BUMD dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten HSS berjumlah sebanyak 61 peserta, dengan 69 tanglong,"katanya.

Sementara untuk katagori tanglong gantung, berjumlah sebanyak 135 buah yang tergantung di pohon sekitar lapangan Lambung Mangkurat, selain itu juga dilaksanakan kegiatan kampung tanglong yang di ikuti semua kecamatan di kabupaten HSS.

Adapun untuk para pemenang festival tanglong dan kampung tanglong akan diumumkan pada malam hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Bupati HSS H.Achmad Fikry dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Festival Tanglong tahun 2017.

Dikatakanya, walau ada yang khawatir bahwa festival tanglong ini akan mengakibatkan orang tidak shalat taraweh, namun penjadwalan kegiatan ini sudah diatur agar tidak menganggu waktu beribadah termasuk shalat taraweh.

"Festival tanglong di mulai setelah sholat teraweh dan selesai pada waktu 23.00 wita setiap malamnya sampai malam 1 syawal 1438H, sehingga kita bisa melaksanakan sholat malam dan memperbanyak ibadah di 10 malam terakhir ini,"katanya.

Diharapkannya melalui festival tanglong ini memberi manfaat agar memberikan suasana baru untuk masyarakat kabupaten HSS dan dijadwalkan malam 1 syawal akan dilaksanakan takbiran keliling.

Dan tanglong-tanglong yang memungkinkan untuk dibawa keliling akan menggunakan mobil bak terbuka dengan tujuan agar masyarakat yang tidak bisa menikmati festival tanglong di lapangan, bisa menikmati pada malam Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Turut berhadir dalam kesempatan ini Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, Wakil Bupati HSS H. Ardiansyah, Sekretaris Daerah HSS H. M. Ideham,  DanDim 1003 Kdg Letkol Infanteri Gufron, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko,  Kepala Kantor Kementrian Agama HSS  H Matnor.

Juga Pimpinan Bank BRI Cabang Kandangan Edy Legowo, Ketua MUI HSS KH.Mokhyar Dahri dan para Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah  Kabupaten HSS serta instansi terkait.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga