Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama Dinas Kominfo HSS, dan Orari Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar sosialisasi aplikasi online prosedur perpanjangan Daring Izin Amatir Radio (IAR) dan Kartu Tanda Anggota ( KTA).

Ketua Panitia Orari Daerah Kalsel Ahmad Yani, di Kandangan, Sabtu (11/5), mengatakan acara ini diadakan guna memberikan pemahaman kepada seluruh peserta dan anggota, sehubungan dengan telah diluncurkannya aplikasi untuk keperluan administrasi perizinan para pengguna radio secara online.

"Peserta sosialisasi Orari berada di wilayah banua enam, meliputi peserta dari Kabupaten Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan Tapin dengan jumlah 75 orang, ditambah para pengurus lokal dan daerah," katanya, saat menyampaikan laporan di Sanggar Pramuka Kandangan.

Baca juga: Kadis Kominfo HSS Lulus Ujian Anggota Orari

Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin Mujio, mengatakan regulasi baru ini dihadirkan untuk kemudahan serta peningkatan pelayanan perizinan bagi para pengguna frekuensi radio.

Menurut dia, agar semua pengguna frekuensi khususnya Orari tetap menjunjung tinggi kode etik, patuh pada tata tertib penggunaan spektrum pfrekuensi, serta selalu berpartisipasi memberikan bantuan komunikasi pada saat kondisi bencana sosial.

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, mengatakan mengapresiasi sosialisasi ini dan kendati saat ini perkembangan teknologi sudah sedemikian maju, namun keberadaan dan peran Orari tetap sangat diperlukan, terutama pada saat terjadi kondisi darurat bencana.

Baca juga: 200 anggota ORARI HSS diundang sosialisasi penggunaan spektrum frekuensi

"Di Kabupaten HSS selama ini Orari sangat banyak memberikan kontribusi dalam setiap penanggulangan bencana, dan ini diharapkan kerjasama yang baik ini bisa terus dipertahankan," katanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry.

Acara ini juga diisi dengan penandatanganan MoU Keterbukaan Informasi Publik antara Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio dengan Orari Daerah Kalimantan Selatan dan turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo HSS Hendro Martono dan Ketua Orari Lokal HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019