Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meminta  Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menjadi memimpin atau mengetuai tim khusus menangani kualitas air Sungai Amandit.

Ia mengatakan, tim khusus yang terdiri dari beberapa unsur terkait tersebut akan menangani penurunan kualitas air Sungai Amandit.

Baca juga: Bupati HSS himbau pengurangan kemasan plastik sekali pakai

“Kondisi air Sungai Amandit di Kabupaten HSS ini harus ditangani bukan hanya oleh SKPD terkait saja, tetapi juga pihak lainnya. Semua yang terlibat dalam tim hendaknya aktif dalam menangani kualitas air Sungai Amandit ," katanya, saat memimpin Rapat Koordinasi Bulanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, bertempat di Dinas Perikanan, Rabu (8/4) pagi.

Selanjutnya, tambah Bupati, pembentukan tim tersebut, segera diberitahukan kepada  Dinas Pertambangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), maupun Inspektur Tambang dengan tembusan ke Gubernur Provinsi Kalsel H Sahbirin Noor, melalui surat resmi.

Bupati  juga meminta, agar penanganan kualitas air bersih dan peninjauan ke lapangan, tim khusus juga melibatkan dan berkoordinasi dengan  Forkopimda.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan siap untuk menindaklanjuti dan mengarahkan SOPD terkait, untuk segera menangani kualitas air Sungai Amandit di Kabupaten HSS.

Baca juga: Taman Palidangan Sehati raih penghargaan tingkat Nasional

Penurunan kualitas air Sungai Amandit di Kabupaten HSS yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten HSS, karena air dari sungai ini merupakan pemasok utama sumber air bagi PDAM setempat disamping digunakan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari,

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi air di sungai Amandit akhir-akhirnya ini keruh apalagi saat air pasang sehingga banyak warga mengeluhkan tidak dapat memanfaatkan air sungai tersebut, untuk kebutuhan sehari-hari.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019