Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Selatan (Kalsel) optimistis mampu mengantarkan Syafruddin H Maming menduduki kursi Senayan.

Keyakinan tersebut, berdasarkan perolehan kursi yang diperkirakan bisa mencapai 2 kursi di daerah pemilihan (dapil) Kalsel 2 untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Nama kedua kader PDIP di dapil Kalsel 2, meliputi Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru yang diprediksi akan  melenggang ke Senayan adalah Syafruddin H Maming (Cuncung) dan dr Sulaiman Umar.

“Kalau pihak lain ingin mengklaim, ya silakan. Itukan baru prediksi kami. Namun, kita tetap menunggu hasil perhitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum,” ucap Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Kalsel, Supiansyah.

Ia meyakini, pihaknya akan memperoleh 220 ribu suara di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel 2. 

“Kotabaru dan Tanah Bumbu saja, PDI-Perjuangan mampu meraih lebih dari  100 ribu suara. Belum lagi untuk kabupaten lain,” tegasnya.

Kedua nama yang digadang-gadang akan melanggeng ke Senayan, kata dia, bukan tanpa alasan. Mengingat, Syafruddin H Maming diprediksi mampu meraih suara pribadi berkisar 60-70 ribu suara. Angka itu di luar dari suara partai politik.

Sedangkan Sulaiman Umar, sambung dia, suaranya merajai Banjarmasin serta disokong suara dari kabupaten lainnya, semisal, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

“Sehingga kita sangat meyakini PDI-Perjuangan mampu meraup sekitar 22,2 persen di Dapil II,” sebutnya.

Menurut dia, prediksi perolehan suara di Dapil II, yakni  Banjarmasin mampu meraih 80-90 ribu suara. Banjarbaru 15 ribu suara. Tanah Laut 30 ribu suara. 
Tanah Bumbu 55 ribu suara dan Kotabaru 50 ribu suara. Sehingga, tegas dia, kalau ditotal secara keseluruhan sebanyak kurang lebih 220 ribu suara.

“Kalau pihak lain mampu meraih suara lebih itu, maka silakan mengklim,” tutupnya.

Sebelumnya, DPD PDI-Perjuangan Kalsel optimistis akan mengamankan 2-3 kursi DPR RI di seluruh Dapil, yakni 1 kursi di Dapil I dan 2 kursi di Dapil Kalsel II.

Adapun, di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, pihaknya meyakini akan memperoleh 8 kursi di tujuh Dapil. Diantaranya, Dapil 1 sebanyak 1 kursi, Dapil 2 sebanyak 1 kursi, Dapil 3 sebanyak 1 kursi, Dapil 4 sebanyak 1 kursi, Dapil 5 sebanyak 1 kursi, Dapil 6 sebanyak 2 kursi dan Dapil 7 sebanyak 1 kursi.

“Itu merupakan kursi yang sudah aman di DPRD Kalsel,” ujarnya.

Terakhir, DPD PDI-Perjuangan Kalsel optimis mampu final di urutan pertama atau kedua setelah Partai Golkar yang telah sukses memenangkan suara partai di Pemilu 2014 silam. Rilis

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019