Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) melepas 22 orang pemuda dan pemudi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang akan diberangkatkan ke Bekasi, untuk mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi.

Ia mengatakan, rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini, selain tercapainya janji politik saat kampanye dulu, kegiatan ini tentu diharapkan bisa membawa manfaat yang besar untuk pembangunan kedepan.

"Ini adalah sebagai langkah awal untuk terus dikembangkan selama lima tahun kedepan, dalam memberikan kesempatan pada generasi muda untuk memiliki keterampilan, sehingga mereka nantinya bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuan yang dimiliki," katanya, saat memberikan sambutan, bertempat di Aula Ramu Setda HSS, Senin (15/4).

Baca juga: Stand Dekranasda HSS terbaik pertama ajang BSF 2019

Dijelaskan dia, apabila ada kesempatan nantinya dirinya akan berkunjung ke BBPLK di Kota Bekasi untuk berkordinasi, supaya bisa lebih banyak lagi dalam melakukan perekrutan pemuda pemudi HSS, khususnya dalam mengembangkan keterampilan untuk bekal mereka ke depan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Dinaskerkop UKP)  Hulu Sungai Selatan (HSS) Sasmi Rifani, mengatakan kegiatan ini merupakan realisasi salah satu janji Politik Bupati HSS dalam mengembangkan bakat serta kemampuan para Pemuda Pemudi HSS dalam bidang keterampilan usaha.

Menurut dia, jumlah 22 orang yang diberangkatkan ke kota Bekasi tentunya juga sudah berdasarkan hasil seleksi, dari 50 yang telah mendaftar ke Disnakerkop dan UKP HSS  beberapa waktu lalu.

"22 orang yang diberangkatkan akan mengikuti pelatihan di BLK Bekasi dengan tiga Kategori pelatihan yakni, pelatihan teknik informasi komunikasi bidang desain grafis sebanyak empat orang, teknik electronika operator otomasisasi elektronik industri delapan orang, teknik telpon seluler empat orang, bidang pariwisata empat orang dan bidang kuliner pembuatan roti dua orang," katanya.

Baca juga: Cegah rentenir berkedok koperasi Disnakerkop UKP HSS tertibkan perizinan

Dijelaskan dia, para peserta yang diberangkatkan akan mengikuti pelatihan selama 40 hari kerja, dan biaya semua ditanggung oleh pihak BBPLK Bekasi, dan selain melepas peserta pelatihan, dalam kesempatan kali ini juga turut dilepas sebanyak 10 orang untuk mengikuti magang di PT Subur Agro Makmur (SAM) di Desa Bajayau.

Para peserta permagangan akan mengikuti selama lima bulan, dan untuk pelaksanaan permagangan para peserta Magang sendiri akan dibiayai oleh Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019