Yayasan Adaro Bangun Negeri bersama Pondok Pesantera  teknologi pertanian Al Islam Desa Kambitin Kabupaten Tabalong menandatangani nota kesepahaman terkait pelaksanaan Program Adaro Santri Sejahtera.
   
Manager YABN Gufron Solihin menyampaikan  program ini untuk mempersiapkan para santri mengembangkan usaha sehingga bisa mandiri setelah lulus dari pondok pesantren.
   
"Santri nantinya bisa menjadi wira usaha yang mandiri  melalui berbagai pelatihan yang kita lakukan," jelas Gufron.
     
Dalam MOu ini Program Adaro Santri Sejahtera mencakup usaha ternak sapi, bebek, budidaya air tawar, pertanian hingga olahan hasil pertanian dan perikanan.
   
Gufron menyampaikan Yayasan Adaro Bangun Negeri  akan melakukan pendampingan selama tiga tahun untuk memberikan bimbingan,  suport alat hingga pelatihan manajemen keuangan.
     
. (Antaranews Kalsel/Herlina Lasmianti)

Termasuk memberikan wawasan terkait pemasaran produk baik dalam wadah usaha berupa koperasi atau CV.
   
Pimpinan Ponpes Al Islam Desa Kambitin Gusti Thamberani mengaku cukup bangga atas perhatian Adaro dalam pengembangan usaha bagi para santri.
     
"Lahan pertanian dan perkebunan di pondok pesantren cukup mendukung pelaksanaan program adaro ini," jelas Thamberani.
   
Selanjutnya para santri.diharapkan memanfaatkan pelatihan dan pendampingan dengan baik agar bisa menjadi wira usaha mandiri.
   
Mewakili Bupati Tabalong, Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Mukhlis Ridhani mengatakan Program Adaro Santri Sejahtera sejalan dengan visi dan misi Kabupaten yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan agamis.
   
 "Program adaro ini bisa membekali para santri keterampilan  budidaya pertanian maupun perikanan," jelas Ridhani.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019