Para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Satu Hulu Sungai Tengah (HST) menjadi juara pertama pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) IV tingkat Kabupaten HST yang berlangsung di Aula Bhakti Husada Barabai.

Sebagai penyelenggara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) HST Subhani, Kamis (11/4) di Barabai menerangkan, pemenang lomba TTG tahun ini adalah para siswa-siswi MAN 1 HST dengan membuat pemanfaatan air olahan mandai sebagai energi alternatif pembangkit listrik.

Siswa-siswa yang terdiri dari Ajrina Amalia, Ajwa Ramadhana Alsya dan Alif Sayyidinoor itu berhasil meyakinkan dewan juri yang diketuai oleh Muhammad Yani dan Norta Dewi Yuniati beserta Danny Mahdianoor dengan mengumpulkan nilai terbanyak 218.

Sedangkan pada urutan kedua adalah Kelompok Tani Wanita (KWT) Anggrek Bulan dengan teknologi pengolahan hasil sirup jeruk nipis dengan nilai 216.

Pada urutan ketiga yaitu Bumdes Ranting Mandiri dengan membuat inovasi alat pres. Nilainya adalah 190.

Berikutnya, juara harapan Satu yaitu Ahyadi dengan membuat kompor listrik dari bahan bekas dan juara harapan dua yaitu Hendra Riduan dengan membuat alat cetak sale pisang SP 3.60.

"Lomba TTG ini dikuti sebanyak 11 peserta yang terdiri dari Kelompok Wanita Tani (KWT) desa, para pelajar, maupun warga secara mandiri," kata Subhani.

Sebelumnya, ketua TP PKK HST Hj Ernawaty Chairansyah mengatakan, semoga hasil dari perlombaan itu menghasilkan inovasi TTG yang maksimal dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dia juga berharap agar Dinas PMD untuk dapat lebih meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti perlombaan ini pada tahun berikutnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019