Ratusan siswa  Sekolah Dasar dari Kabupaten Tabalong, Balangan dan Barito Timur berkumpul dalam ajang sains party 2019 yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru ABCDE dan Yayasan Adaro Bangun Negeri di Gedung Sarabakawa Tanjung, Kamis.
     
Supervisor Bidang Pendidikan YABN Agung Nugroho mengatakan pameran sains ini ajang para siswa mengadu kreatifitas dalam memecahkan masalah lingkungan.
     
"Science Party ajang tahunan  sebagai apresiasi dan unjuk gigi para siswa SD melalui penelitian yang hebat ," jelas Agung.
     
Menurut Agung, meski baru duduk di tingkat SD para siswa mampu membuat penelitian hebat yang tidak kalah dengan penelitian orang dewasa.
     
. (Antaranews Kalsel/Istimewa)
 

Siswa yang mengikuti pameran sains merupakan binaan YABN sejak tahun lalu.
     
“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir kritis dan mengembangkan kreatifitas dalam memecahkan masalah di lingkungannya” tambah Agung 
   
Terdapat 19 booth atau stan pameran sains yang ditampilkan mulai dari Robot Pemamah Sampah, Kapal Bebas Emisi Karbon hingga Kursi Hidroponik ditampilkan oleh sejumlah peserta kegiatan.
   
Selain pameran pengunjung juga berkesempatan mengikuti sejumlah permainan edukatif yang ditampilkan dalam kegiatan.
     
Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong pun menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh YABN dan  menilai kegiatan yang dilakukan menjadi hal yang baik untuk mengembangkan kemampuan belajar anak.
   
"Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi tentunya memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni ," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Akhmad Rizali Noor.
 
. (Antaranews Kalsel/Istimewa)
   
Oeh sebab itu makin sering pameran sains dilaksanakan  diharapkan dapat memicu kreatifitas anak  memecahkan permasalahan di lingkungannya melalui penelitian project yang dapat dikembangkan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019