Sekolah Menengah Pertaman Negeri (SMPN) sederajar di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melaksanakan simulasi Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) secara serentak selama dua hari.

Kepala SMPN 4 Simpang Empat Kabupaten Tanag Bumbu, Marwanto melalui Guru Bimbingan Konseling Mariono, di Batulicin mengatakan, tujuan dari simulasi dilakukan agar para peserta nantinya saat pelaksanaan UNBK akan lebih terampil saat mengunakan Komputer.

"Di SMP 4 Simpang Empat sekitar 84 siswa yang mengikuti simulasi UNBK namun komputer diterima dari Dinas Pendidikan setempat hanya ada 22 unit dan delapan unit laptom hasil pinjaman dari siswa," katanya.

Dia mengatakan, agar tetap terlaksanan pelaksanaak simulasi UNBK dibagi menjadi tiga sesi. Untuk sesi pertama dilaksanakan pada pagi hari mulai pukul 08.00 wita, sesi kedua dilaksanakan pada pukul 10.00 wita damn sesi terahir pada pukul 14.00 wita.

Tahun ini SMPN 4 Simpang Empat merupakamn pertama kali melaksanakan UNBK dan pelaksanaannta berjalan dengan lancar tanpa ada ganguan listrik maupun jaringan internet.

Dijelaskan, untuk pelaksanaan UNBK tahun ini jumlah komputer memang masih kurang namun pihak sekolah mengantisipasi dengan meminjam laptop siswa sebanyak delapan unit untuk memenuhi kekurangan komputer.

"Kami sangat berharap kepada pemerintah setempat agar tahun depan kekurangan jumlah perangkat komputer segera dipenuhi sehingga sekolah tidak perlu lagi meminjam laptop siswa," katanya.

Yang paling penting para siswa harus diajarkan menggunakan komputer sebelum pelaksanaan UNBK sehingga saat ujian para siswa tidak terlalu gugup.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019