Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Loksado, bertempat di aula kantor kecamatan setempat.

Ia mengatakan, dalam proses pembangunan kita harus melihat ke arifan lokal atau spesifikasi wilayah Kecamatan, dan diketahui bersama Loksado terkenal dengan alamnya yang indah dan menjadi tujuan wisata, sehingga pembangunan juga diarahkan membangun sektor wisata.

"Kita bersyukur penggarapan Loksado ini sebagai tempat wisata sangat serius dan tidak setengah setengah, untuk mengembangkan objek wisata loksado kita selain anggaran Daerah, kita juga ada bantuan dana dari pusat," katanya, saat menyampaikan sambutan, Kamis (21/2).

Dijelaskan dia, begitupun dari pihak provinsi akan habis-habisan turun ke Loksado untuk membangun infrastruktur pendukung pariwisata Loksado, Haratai dan air panas Tanuhi termasuk di dalamnya.

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Loksado (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: 68 orang lansia dan kurang mampu terima bingkisan PPDAPM

Kemudian pada pertengahan bulan Maret HSS akan kedatangan tamu dari Duta Besar Finlandia akan mengunjungi Objek Wisata Loksado, dan merupakan tugas bersama menjadi tuan rumah yang baik.

Menurut dia, hanya ada satu hal yang memerlukan waktu, yakni membuat Loksado itu bersih tanpa sampah sehingga tidak ada sampah yang berserakan, sampah apapun itu bentuknya agar jangan sampai ada.

"Biasanya sampah yang berserakan itu bekas puting rokok, bungkus plastik, botol minuman, semua itu harus tidak ada lagi, mari kita bersama menjaga Loksado bebas dari adanya sampah," katanya.

Ditekankan dia, kalau ingin menjadi tujuan wisata yang mendunia yang mendatangkan Duta besar-duta besar lainnya, maka harus berbenah menjadi pelayan yang baik.

Suatu saat masyarakat Loksado bisa seperti masyarakat Bali menjadi pelayan masyarakat, selalu mendahulukan pelayanan kepada pengunjung dan tidak pernah berpikir sesaat, siapapun yang datang dilayani dengan sama dan sebaik-baiknya.

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Loksado (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Kecamatan Padang Batung usulkan 60 program pembangunan

"Ini saya sampaikan agar semangat semua pihak dan khususnya provinsi untuk mengembangkan loksado, tidak surut d itengah jalan, apalagi ditahun ini kita akan segera membangun jembatan Loklahung dengan permanen dengan dana Rp3,6 milyar cuman ukurannya tidak untuk ukuran mobil besar", katanya.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, para kepala SKPD di lingkup Pemkab HSS, Camat Loksado Sar Ifansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, para kepala desa, tokoh masyarakat Loksado, dan perwakilan dari Instansi di Kecamatan Loksado serta pihak terkait lainnya.

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Loksado (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019