Dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) yang digelar Dinas Kesehatan(Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry secara khusus mempresentasikan tentang Imunisasi, TB Paru dan penyakit tidak menular (PTM).

Ia mengatakan, telah memamaparkan  apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan kendala apa apa saja yang dihadapi, dengan harapan kendala tersebut mendapatkan perhatian dari Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang juga berhadir dalam kegiatan tersebut.

"Masalah imunisasi itu tentang vaksin halal itu sedianya selesainya tingkat pusat, maka di daerah tinggal melaksanakan, namun HSS untuk vaksin Measles dan Rubela (MR) didukung Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS," katanya, saat memberikan keterangan, di Aula Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (5/3).

Rakerkesda Provinsi Kalsel (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Empat sekolah wakili HSS lomba sekolah sehat provinsi

Dijelaskan dia, dengan dukungan MUI HSS yang sebagai ketuanya Tuan Guru H. Muhammad Ridwan Basri atau Guru Kapuh maka Vaksin MR meningkat tajam dari 33 persen menjadi 80 sekian persen.

Saat itu disampaikan pula, pencegahan percepatan Penyakit Tidak Menular(PTM)  itu adalah menyangkut perilaku, dan sebenarnya secara khusus pemerintah mempersiapkan fasilitasi yang memungkinkan untuk mereka bisa berolahraga, tempat berekreasi dan lain sebagainya.

Pemkab HSS juga telah menggelar makan sayur dan buah sebagai salah satu gerakan masyarakat hidup sehat, dan dengan adanya Rakerkesda agar mendapat catatan untuk apa yang nanti akan dilakukan daerah.

serta pada saat jabat tangan tadi ibu menteri berpesan kepada para kepala daerah untuk membangun kesehatan di daerah masing-masing. Beliau juga mengatakan pemkab HSS berkomitmen tinggi untuk mendukung kesehatan yang ada di HSS.

Rakerkesda) adapun kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 7 maret 2019, dengan mengambil tema “Kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan Sehat”.

Penandatangan komitmen ber (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dinkes HSS gelar workshop audit internal dan tinjauan manajemen Puskesmas

Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Kalsel melaksanakan penandatangananan komitmen kepala daerah bupati dan wali kota se Kalsel dalam upaya kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan Kalsel sehat.

Turut dihadiri, Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel H.Muhammad Muslim, para bupati dan walikota se Kalsel, para penjabat lingkup Pemprov Kalsel, para ketua organisasi wanita Pemprov Kalsel dan undangan Rakerkesda lainnya.

Foto bersama (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019