Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar workshop audit internal dan tinjauan manajemen Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) yang akan diselenggarakan selama tiga hari, dalam rangka upaya menuju peningkatan Akreditasi beberapa Puskesmas di HSS.

Kepala Dinas Kesehatan HSS Siti Zainab, di Kandangan, Kamis (28/2), mengatakan kegiatan ini upaya menuju peningkatan akreditasi beberapa Puskesmas di HSS, karena saat ini ada 10 buah Puskesmas yang masuk dalam tahapan pra akreditasi dan akan di Akreditasi.

"Untuk menghadapi inilah acara workshop dilaksanakan dengan para peserta berjumlah lima orang dari masing-masing puskesmas. Untuk narasumber sendiri dari Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan tim pendamping Dinkes," katanya, saat menyampaikan laporan di aula dinas setempat.
 

Worshop audit internal dan tinjauan manajemen (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: ASN HSS pelopor gerakan pemberantasan sarang nyamuk

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan setiap organisasi sangat perlu melaksanakan audit internal, ini bisa dijadikan evaluasi agar tidak terjebak pada kegiatan rutinitas belaka yang itu-itu saja.

Menurut dia, puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kepada masyarakat, sehingga mesti tahu posisi sekarang dan apa yang harus dikerjakan di masa mendatang.

"Untuk itulah perlu adanya evaluasi dengan berdasar pada standar kerja yang harus dicapai, karena puskesmas sifatnya adalah pelayan masyarakat sehingga dalam bekerja juga harus secara tim kerja yang solid," katanya.
 
Pemerintah pun tidak segan-segan memberikan penghargaan bagi mereka yang mempunyai kinerja bagus, jelas tidak akan sama bagi mereka yang bekerja apa adanya.
 

Worshop audit internal dan tinjauan manajemen (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Tim Akreditasi salut perjuangan Pemkab HSS dapatkan akreditasi RS Daha Sejahtera

Ia menambahkan bahwa saat ini beberapa puskesmas masih ada yang belum memiliki dokter tetap sendiri. Keinginan Pemkab HSS untuk pengangkatan dokter kontrak yang baru, saat ini terbentur dengan moratorium atau peraturan pemerintah pusat.

Moratorium tersebut sudah tidak mengizinkan lagi adanya pengangkatan kontrak baru di tahun 2019 ini, dan pihaknya berupaya untuk mencarikan solusi untuk maslah ini karena bagaimana pun pelayanan masyarakat adalah yang paling utama.
 

Worshop audit internal dan tinjauan manajemen (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019