Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry menyampaikan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, hanyalah sebatas pelopor untuk memberikan motivasi dan pemberi semangat kepada masyarakat.

"Warga sekitarlah yang sebenarnya harus selalu aktif melakukan gerakan ini. Apa yang telah dilakukan oleh para ASN selama beberapa minggu ini serta para siswa di sekolah sudah memberikan dampak positif yang cukup signifikan," katanya, saat melakukan pemantauan gerakan PSN minggu keempat di beberapa titik, Jum'at (22/2) pagi.

Dijelaskan dia, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tercatat di RSUD kini hanya tinggal enam, yang semula mencapai puluhan kasus dan ini salah satu indikator, bahwa gerakan ini sangat bermanfaat dan perlu terus dilakukan.

Gerakan massal Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Gerakan massal pemberantasan sarang nyamuk di semua sekolah HSS

Mengenai batas waktu, ia tidak menyebutkan sampai kapan akan dilakukan gerakan ini namun yang jelas menurutnya target utama yang terpenting agar bangkitnya kesadaran masyarakat HSS dalam membudayakan hidup bersih dan sehat.

Pemantauan dilakukan pertama kali dilakukan di Desa Karang Jawa Muka, Kecamatan Padang Batung dengan lokasi di depan Kampus Perjuangan. Di tempat ini para ASN dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melakukan aksi pembersihan lingkungan dan selokan.

Pembersihan dilakukan bersama para guru dan siswa SMPN 2 Padang Batung dan para prajurit TNI dari Kodim 1003 Kandangan, hadir pula Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto dan Camat Padang Batung H. Akhmad Suriani.

Lokasi berikutnya yang disambangi adalah Desa Karang Jawa seputar Majelis Dzikir Muara Ambarai, para ASN dari Bapelitbangda dan jajaran Kodim 1003, dibantu oleh masyarakat membersihkan selokan yang tersumbat.

Gerakan massal Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Gerakan pemberantasan sarang nyamuk HSS sasar lingkungan desa

Selokan ini sendiri setiap datang hujan akan menggenang sampai ke area majelis, sehingga masyarakat sangat antusias untuk membongkar segala sumbatan yang ada pada selokan dan gorong-gorong yang sudah ambruk.

Tempat terakhir yang dipantau adalah Gang Baburrahmah di Jalan Pangeran Antasari Kompleks Pasar Kandangan, para ASN juga melakukan aksi membersihkan saluran air dan selokan yang banyak tersumbat oleh sampah rumah tangga.

Bupati HSS didampingi Camat Kandangan Ronaldy Putra  masuk ke kawasan yang dikenal dengan wilayah Pulau Sepakat, wilayah ini merupakan kawasan padat penduduk sehingga aktifitas masyarakat di sini terbilang tinggi karena masuk dalam kawasan pasar.

Gerakan massal Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019