Barabai (Antaranews Kalsel) - Plt Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Ahmad Chairansyah memasang plat atau plakat penghargaan 2018 di Tugu Adipura simpang 10 jalan Keramat Manjang Barabai, Jum'at (8/2).

Hal itu menandakan bahwa Kabupaten HST telah berhasil memperoleh penghargaan Adipura sudah sebanyak enam kali yaitu pada tahun 2012, 2013, 2015, 2016, 2017 dan 2018.

"Adipura ini merupakan penghargaan Pemerintah pusat kepada kota Barabai sebagai kota yang bersih dan perlu kita pertahankan karena melambangkan budaya dan kepribadian masyarakatnya yang suka akan kebersihan," kata Chairansyah.

Menurutnya, penghargaan itu juga tidak lepas dari peran pasukan kuning yang selama ini siang malam berjuang dan bekerja membersihkan sampah-sampah di kota Barabai.

"Bentuk penghargaan Pemerintah kepada pasukan kuning adalah kita berikan gaji ke 13 dan ada juga para pengusaha di HST yang peduli dengan memberangkatkan para pasukan kuning untuk ziarah wali songo dan memberangkatkan ibadah umrah," katanya.

Menurutnya, target ke depan melalui dinas Perkim dan LH adalah bagaimana menghapus jamban-jamban yang ada di sungai dan menghimbau masyarakat agar tidak membuang air besar di sungai.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan M Yani menambahkan pada bulan April 2019 ini proyek pengolahan limbah tinja telah selesai dan akan diserah terimakan.

"Jadi, alat itu akan mulai dioperasikan dan nantinya ada petugas-petugas yang siap mengangkut limbah tinja dari masyarakat untuk diolah menjadi bahan bermanfaat seperti pupuk," katanya.

Baca juga: Pengusaha H Chairul bantu pasukan kuning HST
Baca juga: Video - Pengakuan Armadani Pelaku Pembunuhan di Sungai Jaranih
Baca juga: Polres HST tangkap pelaku pembawa bensin 850 liter

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019