Penjualan buah segar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada minggu kedua Ramadhan 1433 Hijriyah mengalami peningkatan cukup signifikan.

Seorang pemilik toko buah, Yatno, Sabtu mengatakan, peningkatan penjualan buah segar mulai terasa sejak awal Ramadhan dan terus meningkat pada pertengahan bulan suci itu.

"Penjualan meningkat mulai awal dan permintaan semakin banyak memasuki pertengahan Ramadan karena banyak masyarakat yang mengkonsumsi buah segar baik untuk berbuka maupun sahur," ujarnya.

Menurut pemilik toko di Jalan Panglima Batur Banjarbaru Utara itu, buah yang banyak diminati diantaranya semangka, melon, pir, lengkeng dan apel yang dijual dengan harga per kilogram.

"Buah semangka yang paling banyak dicari karena banyak mengandung air dan dibeli menjelang berbuka puasa, tetapi buah lain seperti melon, pir, lengkeng dan apel juga banyak yang membeli," ungkapnya.

Ia mengatakan, meski pun penjualan meningkat karena banyaknya pembeli tetapi harga jual buah segar yang didatangkan dari luar kota itu tidak mengalami peningkatan dibanding harga sebelumnya.

Disebutkan, harga buah semangka tanpa biji dan semangka kuning dijual Rp6.000 per kilogram, semangka biji dijual Rp5.000 per kilogram, melon Rp8.000 per kilogram, pir Rp20.000, lengkeng Rp15.000 dan apel Rp24.000.

"Persediaan buah cukup banyak sehingga meski pun penjualan meningkat karena banyaknya pembeli tetapi harga tidak mengalami kenaikan," ujar pria yang sudah cukup lama menjalankan usahanya itu.

Sementara itu, selain banyak tersedia di toko-toko buah, pembeli juga cukup mudah mendapatkan buah segar karena ada penjual yang menggelar dagangannya di pinggir jalan atau di atas mobil jenis pick up.

Salah satunya adalah Burhan yang menjual buah semangka di atas pick up sejak awal Ramadan dan memilih tempat tak jauh dari Balai Kota Banjarbaru di Jalan Panglima Batur.

"Pembelinya cukup banyak bahkan terus meningkat dari awal Ramadan yang biasanya terjual 5 biji sekarang bisa habis 10 biji," ujar pria yang menjual semangka biji dan tanpa biji itu.

Banyaknya pedagang buah segar yang tersebar di berbagai sudut kota juga memberikan kemudahan bagi pembeli yang ingin melengkapi kebutuhan berbuka puasa dengan buah-buahan.

"Kami tidak perlu jauh-jauh membeli ke toko buah atau pusat perbelanjaan tetapi cukup datang ke penjual buah yang banyak berjualan di pinggir-pinggir jalan," ujar satu warga Taruna Praja Nurul./C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012